Hukum Kolonial

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Pasifik Selatan Penting Demi Papua dan Papua Barat

Persiden RI SBY
JAKARTA – (17/6). Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menganggap Pasifik Selatan sebagai kawasan yang penting bagi Indonesia, Khususnya bagi Papua. Menurut dia, selama sepuluh tahun masa pemerintahannya, Indonesia telah berhasil menjalin kerja sama dan kemitraan yang kuat dengan negara-negara kunci di kawasan itu. Dia mengatakan kerja sama Indonesia dengan empat negara itu didasarkan pada satu agreement. Bahkan, kata SBY, kerja sama dengan Australia dilandasi sebuah treaty. “Isinya, mereka semua secara resmi menghormati kedaulatan Indonesia, dan keutuhan wilayah Indonesia.” Dengan begitu, dia menambahkan, Indonesia berharap masalah Papua, yang sering dipolitisasi oleh elemen-elemen tertentu, bisa diatasi melalui hubungan yang kuat dan baik dengan negara-negara di kawasan Pasifik Selatan. 
 
Terkait hal itu Presiden SBY menjelaskan di kawasan Pasifik ada dua organisasi yang sering didekati oleh elemen – elemen seperti Organisasi Papua Merdeka untuk mendapatkan dukungan, yakni Pasific Island Forum dan Melanesian Spearhead Group. “Mereka (OPM) seolah-olah ingin menarik blok untuk menghadapi Indonesia. 

SBY mengatakan beberapa waktu lalu perwakilan Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Pasifik Island Forum (PIF) sempat mendatangi Indonesia. ‘’mereka saya persilahkan berkunjung ke Papua dan Papua barat, dengan begitu mereka bisa mendengar dan mengetahui secara langsung keadaan di Papua sekaligus kebijakan pemerintah Indonesia yang berkaitan dengan keadilan, pembangunan ekonomi, serta keamanan di wilayah Papua dan Papua Barat.

Menurut SBY tugasnya sebagai presiden adalah meningkatkan persahabatan, kerja sama, dan kemitraan Indonesia dengan negara – negara kawasan Pasifik serta menjelaskan kebijakan terhadap Papua. ‘’dengan demikian, dis-informasi atau  miss informasi  tentang apa persoalan di Papua dan apa yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia kami harapkan bisa kami  tiadakan.(AK)

Sumber : http://hankam.kompasiana.com/2014/06/18/presiden-ri-susilo-bambang-yudhoyono-pasifik-selatan-penting-demi-papua-dan-papua-barat-667226.html
 

About Suara Duka Dari Papua

0 komentar:

Posting Komentar

silakan komentari

Diberdayakan oleh Blogger.