Internasional

Indonesia berjanji $ 20m untuk membantu negara-negara Pasifik memerangi perubahan iklim

 Indonesia Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengunjungi Fiji
PHOTO: Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono bertemu Perdana Menteri interim Fiji Frank Bainimarama

Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, telah berkomitmen $ US20 juta untuk membantu Pulau Pasifik menyatakan memerangi perubahan iklim, dalam upaya untuk meningkatkan "ekonomi hijau" di wilayah tersebut.

Pengumuman ini dibuat selama pidato utama oleh Presiden Yudhoyono selama kedua Kepulauan Pasifik Development Forum (PIDF) di Fiji.
"Kita perlu ekonomi hijau karena dunia saat ini kita sedang menghadapi tantangan besar dari dampak perubahan iklim," kata Yudhoyono di Nadi.

"Pada tahun 2020, kami bertujuan untuk mengurangi emisi hingga 26 persen hanya menggunakan sumber daya kita sendiri, dan hingga 41 persen dengan dukungan internasional."

Yudhoyono mengatakan negara itu telah memberikan kontribusi terhadap upaya global untuk memitigasi perubahan iklim dengan memerangi deforestasi, mencegah hilangnya lahan gambut. Indonesia sudah termasuk ekonomi hijau sebagai salah satu pilar penting atas pembangunan berkelanjutan nasional.

Link Building
Presiden Yudhoyono telah membuat sejarah dengan menjadi pemimpin Indonesia pertama yang mengunjungi negara Pasifik terpisah dari Papua New Guinea, yang berbagi perbatasan darat.
Direktur Program Melanesia The Lowy Institute Jenny Hayward-Jones mengatakan itu adalah prestasi yang signifikan bagi Fiji, pemimpinnya Perdana Menteri Laksamana Frank Bainimarama dan PIDF.
"Ini tentu prestasi yang fantastis untuk Fiji setelah pacaran Indonesia selama beberapa tahun, kami telah melihat Perdana Menteri Bainimarama benar-benar pergi keluar dari jalan ke pengadilan negara berkembang dan khususnya Indonesia sebagai mitra yang baik bagi Fiji," katanya.
Presiden Yudhoyono mengatakan Fiji adalah salah satu mitra terpenting Indonesia di Pasifik dan dapat berfungsi sebagai "mesin pertumbuhan negara-negara Kepulauan Pasifik '".
"Jumlah MOU yang akan ditandatangani hari ini akan memberikan kedua negara kami dengan yayasan kuat untuk memajukan kerjasama masa depan kita," katanya.
Presiden Yudhoyono juga menggunakan kesempatan itu untuk menjaminkan dukungan Indonesia untuk pengelompokan Kepulauan Pasifik Development Forum.

Dia mengatakan itu adalah prioritas bagi Indonesia untuk bekerja lebih erat dengan negara-negara PIDF untuk melestarikan dan meningkatkan perikanan masing-masing dan sumber daya kelautan dengan memperluas partisipasi negara-negara lain dalam Coral Triangle Initiative.

Seiring dengan meningkatkan hubungan dengan negara Pasifik, Presiden Yudhoyono mengatakan Indonesia akan berkomitmen untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan ekonomi dengan negara-negara PIDF.
"Perdagangan dua arah kami pada tahun 2013 adalah $ US318 juta," kata Yudhoyono.
"Kita bisa melakukan lebih baik dari itu karena masih banyak potensi yang belum dimanfaatkan.
"Kita harus bertujuan untuk triple jumlah tersebut menjadi $ US1 miliar di tahun-tahun mendatang."

Kepulauan Pacific Development Forum didirikan oleh pemimpin militer Fiji, Komodor Frank Bainimarama, tahun lalu. Hal ini, bagaimanapun, telah dilihat oleh beberapa pemimpin daerah sebagai upaya untuk melemahkan peran Pacific Islands Forum lama didirikan, dari mana Fiji ditangguhkan, setelah kudeta tahun 2006.
Pemantauan pemilu Indonesia telah sepakat untuk bersama-memimpin sebuah kelompok pengamat internasional untuk pemilu nasional Fiji pada bulan September. Perjanjian tersebut menyusul pembicaraan bilateral antara Presiden Yudhoyono dan Perdana Menteri Interim Fiji Frank Bainimarama.

Indonesia akan co-memimpin grup dengan Australia, sebagai Presiden Yudhoyono diberi update pada persiapan pemilu September.

Fiji dan Indonesia juga telah menandatangani enam perjanjian di berbagai bidang termasuk memerangi obat-obatan dan zat, perikanan, usaha kecil dan menengah, pekerjaan umum infrastruktur, pelatihan diplomatik, pemuda dan olahraga dan visa pembebasan bagi para diplomat.
Silence tentang masalah Papua Barat
Masa depan Provinsi Papua, Indonesia belum disebutkan dalam rilis resmi atau komunike, meskipun meningkatnya tuntutan kemerdekaan wilayah didominasi Melanesia itu.

Awal tahun ini, Vanuatu memboikot misi Melanesia Spearhead Group ke provinsi, setelah agendanya, dengan dukungan dari Fiji dan PNG, diubah untuk memastikan ada sedikit waktu yang dihabiskan di Papua Barat dan bahwa kelompok itu tidak akan bertemu dengan siapa pun tanpa persetujuan dari otoritas Indonesia.

Sebagai istilah Presiden Yudhoyono datang untuk menutup, Ms Hayward-Jones percaya ini adalah masalah utama dia ingin untuk mengatasi. "Saya pikir itu memainkan bagian yang sangat besar dalam hal ini," katanya.
"Kami telah melihat Indonesia terlibat cukup kuat dengan Melanesian Spearhead Group selama beberapa tahun terakhir karena mereka khawatir tentang dukungan negara-negara Melanesia 'kemerdekaan Papua Barat, dan jika tidak maka kemandirian otonomi tentu lebih besar."

Radio Australia Asia Tenggara Editor Sastra Wijaya mengatakan ini adalah kesempatan terakhir Mr Yudhoyono untuk menyelesaikan masalah Papua Barat dan menambahkan resolusi untuk warisannya.
"Ada masalah di Papua, semua orang tahu itu," katanya.


"Saya pikir masalah Papua yang sedikit terabaikan. Saya pikir dia tahu sekarang, ini mungkin adalah kesempatan terakhir baginya untuk mengangkat masalah ini, cobalah untuk menyelesaikan masalah ini bagi Indonesia, sehingga di masa depan orang akan mengatakan bahwa Anda telah mengatasi masalah bagi Indonesia. "


Sumber Australia Network News

About Suara Duka Dari Papua

2 komentar:

  1. Kini saatnya Anak Bangsa Papua Bangkit dan Melawan segala Penjajah yang merajalela di atas Muka Bumi Papua Barat Dari Sorong Hingga Samari.Kaum Penjajah Datang bukan Untuk Mensejaterakan,dan Sebagainya,tetapi Mereka datang Untuk Membunuh,Menculik,Memperkosa,Menyiksa, Orang Asli Ras Malanesia Bangsa Papua Barat dan Menguasai Keseluruhan Wilkayah Papua Barat dengan Keseluruhannya.

    oleh sebab itu mari kita bergantengan tangan dan Melawan kaum penjajah kolonialisme dan kapitalisme indonesia yang merajalela di Atas Muka Bumi Papua Barat dari sorong hingga Samari.

    kini saatnya Anak Bangsa Papua Barat Mempersatukan dan melawan,selain kami siapa lagi yang akan Menentukan Nasib kami FREE WEST PAPUA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل











      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      Hapus

silakan komentari

Diberdayakan oleh Blogger.