PNWP & KNPB

POLISI MEMBLOKADE AKSI DUKUNG PIF KNPB MENGELAR AKSI DI DEPAN UNCEN

Aksi Dukung PIF Di Jayapura (doc knpb )
Jayapura 07 Sebtember 2015. Aksi demo damai   Rakyat Papua Barat yang dimediasi oleh KNPB  bersama Organisasi gerakan,  dukung PIF  diblokade oleh aparat  gabungan  TNI/Polri  dari Polresta Kota Jayapura  dan Kepolian polda Papua, sehingga KNPB  dan  GEMPAR serta seluruh komponen rakyat Papua mengadakan aksi dukungan di depan Gapura Uncen Perumnas III Waena.

Kornologi di Titik kumpul perumnas III Waena

Koronologi aksi demo Damai Dukung PIF yang dimediasi oleh  Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan seluruh kompnen gerakan  rakyat Papua  di Kota Jayapura Papua, Pada hari  senin, 07 september 2015. Masa aksi berkumpul di Setiap titik kumpul masa Pada pukul 08.00 WPB.  Aktifitas di kota jayapura sepi di setiap titik kumpul massa.

Kemudian pada pukul 08.10  WPB masa aksi berkumpul di setiap yang dipandu oleh korlap masing-masing  tempat kumpul masa aksi antara lain  : Terminal Expo, Gapura Uncen  perumnas  III, dan Gapura Uncen Lama abepura.

Pada pukul 08.15 WPB Mulai lakukan orasi di setiap titik kumpul oleh kolrap yakni, Anton Goay dan Ismail Alua. Titik kumpul gapura uncen Perumnas III, dengan menutup pagar atau  pintu masuk kampus. kemudian tidak lama lagi ketua MPM Uncen tiba di tempat aksi pada pukul  09.35 wpb, 5 menit kemudian  aparat kepolisian yang bertugas tiba  digapuara Uncen baru perumnas III waena dan  langsung melarang aksi demo.  Melihat hal tersebut  ketua MPM Uncen, langsung menghadap aparat kepolisian untuk melakukan negosiasi. Saat itu yang dating melarang aksi demo adalah kabak OPS kapolresta kota Jayapura. Dengan jumlah kekuatan kurang lebi 50 personil lengkap dengan senjata, mobil tahanan tiga buah tamba, satu buah mobil patroli, ditambah dengan mobil Inova serta Avanza warna yang berbeda empat buah. Setiap mobil dalmas yang mereka gunakan semua penuh dengan personil anggota  polisi dari  polsek abepura dan polresta kota jayapura (penuh dengan aparat kepolisian).

Pada pukul 09.49 wpb. Tambahan tiga buah mobil tahanan tiba di gapura uncen,  berapa menit kemudian,  satu buah mobil fancer atau barak kuda datang , selain itu Mobil Tahanan bertambah tiga buah,  Disusul  Mobil Dalmas milik kapolresta jayapura.  Pada puku 09.50 wpb. ada orang mabuk datang gabung dengan massa aksi dengan berteriak Papua Merdeka yang sengaja dipasang oleh pihak kepolisian untuk mengacaukan situasi dilapangan. Jam 10.09 wpb. Massa aksi dari expo bergabung  dengan massa aksi di gapura uncen baru waena.

Kornologi  Titik kumpul Expo Waena

Jam 09, 21 wpb. Massa aksi KNPB yang titik kumpul di terminal expo berorasi dipimpin oleh korlap titik kumpul expo, yakni Agus Kossay dan Chobabe Wanimbo,  kurangg lebih pada pukul 13. 00 WPB.  Sebelumnya Aparat Kepolisian setor  waena sudah ada  di lokasi titik kumpul massa aksi dengan mengunakan dua dalmas dan satu buah mobil patroli. Beberapa saat kemuadian hasil negosiasi dengan pihak kepolisian untuk minta kendaraan mau bergabung dengan massa aksi yang ada di gapura uncen baru, tetapi pihak kepolisian tidak sediakan kendaraan, akhirnya korlap langsung ambil alih mengarahkan mobil angkutan jalur abepuara waena,  kemudian masa aksi naik dalam angkutan tersebut,  kurang lebih tiga buah mobil tambah dengan motor-motor sambil orasi menuju ke perumnas III waena untuk bergabung  dengan massa aksi yang  berkumpul di gapura uncen .

Jam 12.19 wpb. Masa aksi dari expo bergabung dengan massa aksi di Gapura Uncen baru  waena. Dan lanjut dengan orasi-orasi. Kemudian pada Pukul  12.27 wpb. Massa aksi dari  uncen lama  abepura bergabung dengan massa aksi yang ada di perumnas III waena.  Setelah masa aksi dari uncen bawah bergabung lalu lanjutkan orasi politik. Kedatangan masa aksi dari abepura dikawal ketat oleh aparat kepolisian dengan kekuatan besar. Bukan hanya kepolisian mengawal masa aksi namun  ratusan personil anggota TNI juga ikut kawal. Dengan 8 buah mobil tahanan, tamba tiga belas dalmas, tiga bua mobil panzer atau barak kuda, tiga mobil patroli, dan mobil avanza  merek yang berbeda-beda.

Pada pukul  14.15 wpb, setelah semua masa aksi dari titik kumpul masing –masing  kumpul di depan gapura uncen baru Perumnas III waena lalu lakukan orasi politik. Pada pukul 14.20 WPB, doa pembukaan sekalikus doa dukungan  pertemuan PIF, yang dipimpin oleh Pdt  Leo Mimin Sth,  Setelah doa dilanjutkan dengan orasi-orasi politik oleh beberapa elemen pergerakan perjuangan Papua Merdeka yang ada di Papua. Antara lain : BEM UNCEN, MPM UNCEN, F. KEDOKTERAN UNCEN, FAKULTAS PISIF UNCEN, FAKULTASHUKUM UNCEN, BEM USTJ, BEM UMEL MANDIRI, BEM UNIYAP YAPIS, BEM STIKOM, AMP, GEMPAR dan KNPB.

Kemudian pada pukul 14.30 WPB Badan pengurus Pusat komite Nasional Papua Barat KNPB membacakan Stekmen politik Rakyat Papua untuk mendukung pertemuan Pasifik Island Forum (PIF). Pada saat KNPB membacakan stekmen politik, Kabank OPS polresta kota Jayapura datang mendekati badan pengurus KNPB lalu  membatasi waktu, agar aksi demo harus dihentikan sebelum jam 17.00. mendegar hal tersebut KNPB membacakan stekmen politik  tepat pukul 14.40 WPB. Setelah membacakan stekmen politik masa aksi foto bersama dan membubarkan diri masing -masing pukul 15.00 WPB.

Demikian kronologi aksi demo damai yang dimediasi oleh KNPB bersama seluruh organisasi gerakan dan  rakyat Papua mendukung Pertemuan PIF di Kota Jayapura. Berikut Foto Aksi Dukungan.








































About Suara Duka Dari Papua

0 komentar:

Posting Komentar

silakan komentari

Diberdayakan oleh Blogger.