Kekerasan Militer

POLISI MELAKUKAN PENGGREBEKAN TERHADAP KEDIAM KETUA PRD KAIMANA DAN MENAGKAP 3 ORANG


Salah Satatu Warga yang Dapat Tangkap   Barias Refindeso
Kaimana News   17 Oktober 2013. Pada pukul 08.30 waktu West Papua, Satuan Kepolisian RI Resort Kaimana menggunakan dua kijang Inova dan satu buah mobil patroli melakukan penggrebekan terhadap masyarakat West Papua di kediaman Ketua PRD Kaimana.  Peristiwa penggrebekan ini terjadi dengan tiba-tiba disaat masyarakat yang melakukan penjagaan terhadap kediaman ketua PRD sedang berkumpul untuk makan malam. Peristiwa penggrebekan ini diawali dengan sejumlah tembakan gertak sehingga masyarakat yang berkumpul menjadi panik dan  ketakutan sehingga terpencar melarikan diri. Dalam peristiwa ini polisi melakukan penahanan terhadap tiga orang pemuda West Papua yakni Barias Werfete, Isai Irini dan Petrus Soba.

Melihat peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba di kediaman Ketua PRD Kaimana ini, menimbulkan pertanyaan terhadap modus terjadi penembakan dan penangkapan terhadap tiga orang Pemuda West Papua tersebut. Menurut salah seorang warga yang sempat mempertanyakan peristiwa ini kepada salah seorang anggota Kepolisian yang juga ikut dalam peristiwa ini, ia mengatakan  latar belakang kejadian ini dilakukan dengan alasan pencarian terhadap seorang warga West Papua yang melakukan pembunuhan pada bulan agustus lalu. Melihat alasan yang melatarbelakangi kejadian ini, kepolisian resort Kaimana telah merekayasa kasus sehingga peristiwa ini bisa terjadi, karena warga yang selama ini menjadi buronan polisi ini tidak pernah mendatangi kediaman. Selain peristiwa penembakan, polisi juga sempat mengancam untuk melakukan pembakaran terhadap kediaman ketua PRD Kaimana, sehingga sampai pagi ini keluarga dan juga msyarakat yang mendengar hal ini menjadi ketakutan.
Nama yang ditangkap sebagai berikut :

11. Barias Refindeso
2 2. Petrus Soba
33.Isai Irini

Sedangkan Barang barang yang disita dari Rumah PRD antara lain :
1.       3 Buah Parang Panjang yeng dikunakan untuk kerja kebun dan babat rumput
2.       1 Buah Kapak yang dikunakan Untuk bela Kayu Bakar di dapur
3.       1 Buah Buku tamu

Sedangkan Kerusakan diantaranya:
1.       1. Pintu Pagar depan Rumah ketua Parlemen dirusak
2.       1 Pntu Rumah bapak Rajap Kurita Pitu rusak, karena ditendang oleh  Polisi dan mereka masuk ke dalam rumah 

Polisi Juga mengeluarkan Tembakan pada saat Penangkapan tersesebut diantaranya:
1.       Pada pukul 09.30 malam hari Polisi mengeluarkan tembakan sebanyak 6 kali
2.       Pada Pukul 02 .00 wpb Polisi mengeluarkan tembakan sebanyak 2 kali
3.       Pada Pukul 04 15 WPB Polisi mengeluarkan Penembakan sebanyak 2 kali

Polisi bukan hanya melakukan pengkapan terhadap 3 orang tersebut namun mereka sempat mengancam dan todong degan pistol milik anggota polisi tersebut, dan mereka juga mengancam akan membakar kantor posko yang berada di kediaman Rumah bapak Ketua PRD Muhamad Kurita di Kaimana.

By. Sek. PRD Kaimana


About Suara Duka Dari Papua

0 komentar:

Posting Komentar

silakan komentari

Diberdayakan oleh Blogger.