Berita

LAPORAN RESMI KNPB : 2.024 ORANG DITANGKAP DAN KORNOLOGI AKSI DEMO MENOLAK HARI ANEKSASI 1 MEI 2016

FOTO RAKAT PAPUA ANG DITAHAN DI MARKAS BRIMOB KOTA RAJA JAYAPURA
LAPORAN  LENGKAP BADAN PENGURUS PUSAT KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT  ( BPP -KNPB )
 
TENTANG AKSI DEMO DAMAI 2 MEI 2016, DI SELURUH WILAYAH KNPB SORONG SAMPAI MERAUKE DANN KONSULAT INDONESIA TEGAH
Dalam Aksi Nasional Ini ,  2.024 RIBU ORANG  Ditangkap Oleh Kepolisian, Angkah 2024  Orang Ini Telah Menghapus  Opini Yang Dibangun Pemerintah Polda Papua Selama Ini Bahwa, Yang Bicara Papua Merdeka Itu Sekelintir Orang Angkah Ini Juga Sekaligus Megalahkan 1.025 Orang Yang Ikut Pepera 1969.
Penagkapan tanggal 2 mei 2016, telah mencatat sebagagai penagkapan terbayak dalam satu hari. Pengkapan ini juga mencatata sebagai penagkapan yang mematakan opini pemerintah dan Polda Papua bahwa orang papua tidak berteriak merdeka tapi bicara pemabgunan dan kesejahtran. Angkah penangkapan dua ribu dua pulu empat orang ini ditangkap dalam aksi demo papua merdeka.
KORNOLOGIS KESLURUHAN  DAN NAMA-NAMA 2.024 ORANG YANG DITANGKAP  BISA DILIHAT  DI HALAMAN DAN TABEL-TABEL BERIKUT;
Aksi demo damai Rakyat Papua Yang dimediasi oleh komite Nasional Papua Barat  KNPB, untuk Mendukung Pertemuan Internasional  Parlementarian For West Papua IPWP dan Mendukung ULMWP mewakili Rakyat Papua menjadi anggota penuh MSG ,sekaligus juga Menolak hari Aneksasi Bangsa Papua Barat dalam kekuasaan Indonesia sejak  1 Mei 1963  yang indonesia sebut sebagai hari integrasi.
Demo damai tersebut dilaksananak di berbagai daerah di Papua mulai dari sorong sampai merauke, bahkan juga di Luar papua seperti KNPB konsulat korontalo, KNPB konsulat Manado dan KNPB konsulat Makasar.
Aksi Nasional Bangsa Papua Yang dimediasi oleh KNPB sebagai media rakyat, dilaksanakan di beberapa daerah di Papua yaitu : KNPB wilayah Merauke, KNPB wilayah Asmat, KNPB wilayah Yahukimo, KNPB wilayah Pengunugan bintang, KNPB Wilayah Yalimo, KNPB wilayah Baliem swamena, KNPB wilayah sentani KNPB wilayah Sorong, KNPB wilayah Timika, KNPB wilayah Nabire, KNPB wilayah Manokwari KNPB wilayah sorong, KNPB wilayah Biak, KNPB wilayah Kaimana dan KNPB pakpak.
Demo damai ini juga  seluruh mahasiswa Papua di papua dari berbagai pergguruan Tinggi baik pergguruan tinggi negeri universitas cenderawasih uncen dan pergguruan tinggi swasta yang dikordinir oleh Gerakan Mahasiswa,  Pemuda dan Rakyat Papua (GEMPAR) dan juga presiden Mahasiswa Univesitas Sains dan teknologi (USTJ) jayapura.

Demo serentak di berbagai daerah di Papua dan juga di luar papua itu dilakukan pada tanggal 02 mei 2016 sejak pagi hingga sore tersebut berakhir dengan pengakapan terhadap, sejumlah Aktivis KNPB, aktivis mahasiswa dan  ribuan Rakyat Papua.
KRONOLOGIS AKSI NASIONAL TANGGAL, 02 MEI 2016
Aksi dukungan dilakukan bersama rakyat Papua yang dimediasi oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) sebagai media Nasional rakyat Bangsa Papua, dalam rangka beri support kepada pertemuan IPWP yang berlangsung di londong Inggris, Pertemuan MSG yang akan selenggarakan di Port Villa Vanuatu nanti. Dan tanggal, 01 Mei adalah hari Aneksasi wilayah Papua kedalam Pangkuan Negara Kolonial Indonesia dan rakyat Papua bersama KNPB menantang keberdaan Indonesia diatas Tanah Papua.
Aksi Demo Damai di Jayapura Titik-titik Kumpul Massa Aksi sbb:

TTitik kumpul massa aksi  di angjungan Expo mulai jam 07;15 wpb.
Massa aksi yang datang dari arah jalan Buper datang bergabung dengan massa aksi yang ada di angjungan expo Waena. Dan tiba-tiba dapat palang langsung oleh pihak aparat kepolisian. Sekitar Pukul 10;10 wpb massa aksi yang keluar dari arah mata jalan buper di terminal Expo langsung dihadang dan semua Massa Aksi paksakan oleh Aparat kepolisaian Indonesia  masukan di mobil tahana Polisi sebanyak 1 (satu) buah mobil Tahanan. Dan langgsung arahkan ke tahanan MAKO BRIMOB POLDA PAPUA. Jumlah massa aksi belum indentifikasi.
Awal kumpul masa aksi dititik kumpul expo-Jayapura, jam 07;15 wpb, sebanyak masa awal 76 lebih, massa aksi semua kumpul di Angjungan. Massa aksi sebelum keluar di jalan besar saja dapat hadang depan jalan masuk Anjungan Expo waena oleh Aparat kepolisian Indonesia dengan mengunakan sebanyak 2 (dua) Dalmas milik Polisi Indonesia dan patroli 1 (satu buah) mobil.
Terpaksa massa bertahan selanjutnya massa yang tertinggal di Expo Angjungan, Massa aksi tekeluar lewat depan Gedung seater. Massa aksi juga cari jalan lolos harus tembus sampai jalan raya Abe-Sentani dan terpaksa lewat jalan yoka keuar Depan tertigaan depan DEN ZEPUR tiba jam, 11;30 wpb, kemudian selah massa Aksi mau menyebran jalan raya, dan tiba-tiba Aparat kepolisian palang massa aksi depan DEN ZEPUR.

Pimpinan aparat arakan massa Aksi suru pulang ke Angjungan karena demontrasi ini tidak di izinkan dari pihak kepolisian, Koorlap titik kumpul massa Aksi di wilayah Expo, Tn. Warpo Wetipo bersama Massa Aksi bertahan argument dengan pihak Aparat Kepolisian depan DEN ZEPUR padan bulan Jayapura. Korlap utarakan tingkatan Penyampaikan pendapat dimuka Umum adalah Hak masing-masing.
 Setelah 20 menit dengan begitu dengar Aparat tindakan terhadap massa aksi, Akirnya terjadi penankapan terhadap massa aksi dibawa pimpina koorlap titik Expo waena dan semua Massa Aksi bakut ikut rame naik truk tahanan massa penuhkan kurang lebih dua truk Dalmas Milik aparat Kepolisian.
 Setelah semua Massa Aksi sudah naik dalam truk tahanan milik polisi, Terpaksa massa Aksi arahkan dalam truk tahanan bawa langsung ke MAKO BRIMOB POLDA PAPUA sebanyak 203 massa aksi.
Setelah beberapa menit kemudian seorang pemuda dapat kejar dari pertigaan depan DEN ZEPUR oleh Intel sampai jalan masuk koramil di permunas-1 sebelum lampu merah Waena, akhirnya dapat tangkap dan tas dia dirampas, pakian dia juga rabik oleh Aparat kepolisian yang bertugas sebagai Intel, dan dalam tas itu ada isi ijza SD, SMP, SMA, foto copy Ijaza sarjana, Kartu keluarga, surat SKCK dari kepolisian, Proposal dari Gerej, flasdis 3 (tiga) buah dan barang bawan yang ada dalam tas Milik oleh, MARDIN WENDA. Setelah dirampas tasnya, korban larikan diri dan cari tempat perlindungan. Atribut aksi semua di tahan Oleh Aparat Kepolisian.

TITIK KUMPUL ABERPURA: JAYAPURA-PAPUA
Masa aksi melakukan persiapan hias badan dan ll, di asrama ninmin pada pukul, 06;15 wpb dan masa aksi dibawa pimpinan korlap putri Dolia Ubruanggen dan wakorlap Laskar Zama di bekap oleh penggurus Pusat Kobabe Wanimbo, selaku kepala diplomasi KNPB Papua.
Pada pukul 08;30 wpb massa aksi melakukan doa bersama di depan asrama ninmin dan sebelum jalan doa dibawakan oleh purti Dolia Uburuangge sebagai korlap titik massa aksi Abepura Jayapura, kemudian lanjut massa aksi terlihat berjumlah dan terdiri dari 73 massa aksi.
Keluar dari asrama ninmin pada pukul 08;40 wpb dipimpin oleh korlap titik dengan seruhkan jel-jel Referendum2x yesss, Papua....Merdeka, dan di iringgi lagu “kami bukan mera putih2x Papua.... Bintang Kejora2x” setelah di Lingkaran Abepura 30 menit, Kemudian selama bertahan 30 menit di lingkaran abepura. Koorlap titik arahkan massa sambil orasi-orasi, dan tiba-tiba 30 persolnil anggota Brimob Polda Papua tiba hadang tambah 9 polantas bertugas sebagai lantas, dengan menggunakan 1 mobil patroli tambah 2 (dua) dalmas milik Brimob Polda Papua, tambah 1 Barac kuda dan korlap melakukan negosiasi dengan aparat sendiri mengatakan stop orasi-orasi Papua Merdeka dan aksi Papua Merdeka cukup sampai disini kata yang di keluarkan oleh anggota Brimob Polda yang turun di tempat titik kumpul massa aksi. Dan polisi tidak di ijinkan untuk longmars ke kantor DPR-Papua. 45 menit kemudian kata polantas tidak lama lagi massa aksi dari sektor tanah Hitam bergabun dengan atribut aksi lengkap berhaiasan badan, berpakian adat. 25 menit kemudian massa dari Asrama Mambramo coretan hiasan badan bergabun dengan massa aksi yang ada di lingkaran Abepura-Jayapura. Terus korlap diberikan kesempatan kepada dua anggota untuk berorang orasi bergantian setelah 3 menit, kembalikan kepada korlap.
Massa aksi berjumlah sekitar 200 lebih orang dengan memengan fanlet dan bendera KNPB sebagai simbol perlawanan di samping itu polantas yang menjaga keamanan, lalu lintas mara-mara karena jalan macet. Sementara itu mengapon diamabil alih oleh pembantu korlap utusan dari BP. KNPB pusat, Kobabe Wanimbo, selama 10 Menit.
Sementara itu 30 anggota polisi lengkap dengan memengan senjata berdiri berhadapan dan massa aksi sekitar jarak 1 meter karena pasukan aparat kepolisian semakin bertambah 30 orang datang bergabung. Dan jumlah semua 60 anggota aparat kepolisian yang kawal, 1 (satu) buah GEGANA, 2 buah mobil dan mobil por/SNJ- di dalam terhadap 29 polisi. 2 buah mobil box polisi menghadan massa, aksi yang mau jalan menuju tetapi aparat idak izinkan lewat. Dan dikawal ketat oleh sikita 40 intel aparat kepolisian, dengan menggunakan mobil berkaca gelap tambah 4 dambri milik polisi. Dan terjadi insiden polisi langsung menhadang massa aksi dan merampas tali komando, antara polisi dengan aksi massa. Polisi memegan pengaphon dan orasi sampai disini dan bubar.
Lalu terjadi penangkapan terhadap massa aksi yang orasi lingkarang abepura, sebagian massa yang lari melolos diri ke arah gunung, tetapi sebagaian besar rame-rame naik dalam mobil tahanan yang aparat siapkan itu sebanyak 2 (dua) mobil dalmas polisi, sedangkan sekitar 5 (lima) orang angkat masukan mobil GEGANA antaranya: 1. Kobabe Wanimbo, sebagai pembantu korlap utus dari PB. KNPB Pusat, 2. Dolia Uburuanggen, sebagai korlap titik Abepura, 3. Laskar Sama sebagai wakorlap, 4. Ztef Gobay sebagai keamana dari sektor KNPB koteka dapat siksa oleh aparat Brimob Polda Papua dll. Dan mereka langsung bawa ke Mako Brimob Mapolda Papua.
Sementara itu titik kumpul uncen lama dengan 2 (dua) mobil dalmas, 1 bua GEGANA, 1 buah mobil box dengan sejata lengkap. Menggerumun massa aksi yang berada di uncen bawa di pimpin oleh; Tn, samuel Wonsiwor, selaku sekertaris GEMPAR, dan terlihat massa aksi yang terdiri dari 20an lebih, dan para anita memakai periasan bintang kejora 50 pria menduduki gapura uncen. Massa aksi memintah untuk mengamankan kami bersama teman-teman. Kemudian dari pihak aparat polisi menaikan mereka ke atas 1 mobil yang sudah siapkan.
Tidak ada pemberontak dan jumlah aparat aparat kepolisaian kurang lebih 70-an, tambah polantas, 4 intel, tambah 3 buah mobil kaca gelap. Sementara diamankan dalam mobil dari arah waena bertengtangan dan 2 mobil dalamnya, terdapat puluhan massa aksi yang amankan dari arah expo. Lansung diamanakan di MAKO BRIMOB POLDA PAPUA. Atribut aksi semua di tahan Oleh Aparat Kepolisian.
TITIK KUMPUL P-3 WAENA: JAYAPURA-PAPUA
Demonstrasi damai yang mediasi oleh Komite Nasioal Papua Barat (KNPB) pada senin, 02 Mey 2016. Komite Nasional Papua Barat (KNPB) mulai bergerak bersama massa aksi yang jumlahnya kurang lebih 100 massa aksi sambil berorasi yang di kordinir oleh korlap umum aksi Tn. Mecky Yeimo selaku sekertaris 1 Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat yang bertitik kumpul di perumnas 3 waena. Long march dari sekertariat Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat sambil berorasi sepanjang sekertariatan hingga Gapura uncen Waena.
Kaporles Jayapura AKBP Rontiny, Kiki Kurnia Datang dan menghalan massa aksi  demonterasi damai sedan jalan palang dengan kawat duri gulungan, dan menurunkan 4 (empat) truck polisi, 3 (tiga) dalmas, 2 (dua) buah mobil gas air mata, 4 (emapat) strada triton, 6 (enam) mobil avanza, 2 (dua) buah mobil panzer dituju pada massa aksi, dan sebanyak motor yang digunakan oleh para Intel polda maupun polres jayapura. Kordinator lapangan mencoba negosiasi bersama pihak penggangu melalui Aparat kepolisian dari polresta Jayapura, namun gagal dikonfirmasi sehingga kira-kira pukul 08:37 WPB massa aksi bersama koordinator umum tangkap diamankan ke POLDA PAPUA, jayapura kota.
Adapun bersama massa aksi dari asrama Keerom, Paniai, Yahukimo dan yang sekitarnya tinggal, keluar dari pukul 08.15,  WPB hingga bergerak kejalan depan bersama - bersama massa aksi yang dikoordinir oleh kordinator lapangan Tn. Sammy Lokon selaku anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat bersama beberapa kawan-kawannya sambil berorasi-orasi didepan jalan keluar asrama Paniai, Yahukimo dan Keerom. Orasi-orasi mengakomodil massa aksi dilakukan secara bergantian sambil menggalang massa aksi di titik kumpul perumnnas 3, waena.
Pada pukul 09:55 WPB massa aksi 300 lebih mulai bergerak dari titik kumpul perumnas-3 sambil Long March kearah perumnas-1 waena dan ketika tepat didepan SMA YPPK. TARUNA BHAKTI waena massa Aksi di hadang keras oleh Aparat kepolisian dibawah pimpinan AKBP. Rontiny sehingga kordinator aksi Tn, Samy Lokon dan beberapa kawan-kawan bernegosiasi dengan pihak kepolisian, dan negosiasi berhasil dan bersama massa aksi melakukan lanjut Long march lagi  kearah perumnas 1 lampu merah depan DEN ZEPUR massa aksi di hadang keras pada pukul 10: 23-11:06 oleh Aparat kepolisian sehingga menurunkan kekuatan penuh 3 truck, 1 dalmas, 1 bus dan 1 truck polisi senjata lengkap langsung mengamankan/ mengalihkan masssa aksi kedalam 3 truck dan 1 Dalmas polisi langsung diamankan ke MAKO BRIMOB POLDA PAPUA. sekitar pukul 08: 37-13:22 WPB

Massa aksi dari perumnas -3 waena yang dikordinir oleh Tn. Mecky Yeimo sebagai Sekjend I KNPB Pusat, selaku Korlap Umum Aksi 02 mei 2016 dan bersama Tn, Agus Kossay  Sebagai ketua I KNPB pusat sekaligus penangun jawab Aksi aksi, 02 Mei 2016,  Tn. Bazoka Logo, sebagai Jubir Nasional KNPB Pusat, sekaligus Negosiator dan Tn: Ellyaser Angaiggom Selaku wakil Ketua PNWP-wilayah Haa-ANIM dengan massa aksi sebanyak 293 langsung di arahkan dari Polresta kota Jayapura ke MAKO BRIMOB POLDA PAPUA, sekita jam 14;17 WPB.
Massa aksi dari ke-6 titik kumpul semua di alihkan ke MAKO BRIMOB POLDA PAPUA pada pukul 09:00 WPB hingga sore pukul, 19:11 WPB. Yang ditangkap 1.733 -+ massa aksi KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT (KNPB) disiksa/ditendang oleh aparat Brimob dan disuruh buka baju dan memandang ke atas arah matahari. Atribut aksi semua di tahan Oleh Aparat Kepolisian.
TITIK KUMPUL JAYAPURA KOTA, DOK II-IX
KRONOLOG AKSI TGL 2 MEI 2016, JAYAPURA KOTA; Pada 07:00-09:00 wpb, massa aksi bersiap-siap dan melakukan pemasangan alat-alat/song sistem. Waktu. 09:00-11:40 wpb, massa aksi keluar dari sekretariat menuju mata jalan Yapis (alte dok V ). Sampai sekita waktu 12:00-12:35 wpb, terjadi penghadangan di mata jalan yapis oleh Aparat kepolisian 25 personil menggunakan seragam lengkap dari polsek Dok 8 dengan menggunakan 3 mobil dalmas dan 2  (dua) buah mobil avansa sementara orasi terus berjalan.
Setelah itu sekitar puku, 12:35-12:45 wpb, polisi melakukan negosiasi dengan juru bicara KNPB wilayah numbay (JHON MSIREN) Waktu, 12:45-12:50 wpb, massa aksi melakukan long mars dengan tujuan aksi kantor DPRP, tetapi di hadang oleh pihak Aparat kepolisian dari polsek dok V yang di pimpin oleh kapolsek dok 8 .Bpk. AYOMI. Tidak lama lagi pukul, 12:50-13:10 wpb, terjadi negosiasi antara pihak kepolisian dan juru bicara KNPB wilayah Numbay dan telah di sepakati, dua hal:
Polisi menyiapkan 2 (dua bua) mobil dalmas
Massa Aksi akan di antar ke tempat tujuan kamu yaitu kantor DPRP Sekitar Pukul, 13:10-13:30 wpb, massa di bawa menggunakan 2 (dua) truk dalmas yang telah di siapkan oleh pihak Aparat kepolisian tetapi, massa aksi rakyat Papua Barat di tipu, karena kendaraan langsung di arahkan ke kantor polisi POLRESTA JAYAPURA, Waktu, 13:30-13:40 wpb massa sampai di kantor Polresta jayapuara, bergabung dengan teman-teman yang telah di tahan yang ada dari titik kumpul wilayah waena perumnas-III.
Waktu, 15:00 wpb, massa di bawah menggunakan 1 mobil baracula/panser,2 motor PJR, truk dalmas 8 (buah), bus 2 milik kepolisian dan 2 mobil patroli. Massa aksi di bawa ke MAKO BRIMOB kotaraja
Waktu, 15:50 wpb, massa aksi tiba di Mako Brimob Polda Papua dan bergabung dengan massa aksi yang telah di tahan dari pagi hingga siang. Sekitar waktu 19:30 wpb massa aksi di pulangkan ke setiap titik kumpul massa Aksi. Atribut aksi semua di tahan Oleh Aparat Kepolisian. By, Novi Wenda (kronolog KNPB wilayah Numbay)
DARI TAHANAN DI POLRES JAYAPURA KE MAKO BRIMOB POLDA PAPUA
Waktu; 09.00 wpb, Titik kumpul massa aksi dari perumnas III gapura Uncen Waena, yang dapat tangkap sebanyak 4 (empat) truk mobil dalmas polisi. Kami orasi-orasi di halaman polresta Jayapura dan terjadi situasi tengan massa aksi antara polisi, Dan saat itu juga Intel polresta Culik dari massa aksi seorang hamba Tuhan bagian dari massa aksi mereka tarik dasi yang dia pake, hampir cekik lehernya. Terjadi tarik menarik antara aparat kepolisian dengan massa aksi untuk mau amankan korlap umum yang ada di halaman polresta. Setelah itu kami cek kembali massa aksi yang ada tahan di halaman polresta Jayapura-Papua diantara   Yang dapat culik atas nama; Pdt Leo Mimin anggota Parlemen Faksi Laa-Pago.  
Jam, 13.40 wpb massa aksi yang dapat tangkap dari titik kumpul dok II-IX bawa masuk ke polresta kurang lebih dua truk polisi dan 1 (satu buah) mobil pikap. Dan jam 13.21 wpb, massa yang tahanan yang ada di polresta jayapura arahkan ke Mako Brimob Polda Papua  sebanyak 8 (depan) truk dalmas polisi, massa yang dibawa pimpinan BP. KNPB Pusat dan BPW KNPB numbay, di gabunkan massa yang tahan di Mako Brimob Polda Papua.
Setelah tiba di halam Mako Brimob Polda Papua, aparat pisakan massa tahanan yang di pindakan dari Polresta Jayapura dan massa tahanan yang ada di Mako Brimb Polda Papua. Tepat pukul, 16;45 wpb mulai arahkan massa aksi membuka orasi Koordiantor lapangan Umum, Tn; Mecky Yeimo, arahkan dan duduk ribuan massa aksi yang ada tahan Mako Brimob Polda Papua dan korlap juga menyampaikan orasi penjelasan Agenda-agenda sedang berlangsun 03 mei 2016 di luar negeri baik Pertemuan IPWP di londong Ingris, pertemuan MSG di Port Villa Vanuatu, dan Menolakan tergas tanggal, 01 mei 1963 adalah hari pencablokan wilayah Papua masuk kedalam negara kolonial Indonesia, massa aksi begitu dalam tahanan Mako Brimob Polda Papua tegas Massa yang dapat tahanan membrikan dukungan penuh kepada Pertemuan IPWP, MSG, rakyat Papua juga membantah dengan tegas pencablokan wilayah Papua Barat kedalam colonial Indonesia, dan kami juga menolak tegas tim pencari fakta pelangaran HAM di Papua yang buatan oleh Jakarta. Untuk menklabui kedatangan Pencari Fakta pelanggaran HAM di Papua dari pasific island Forum (PIF).
Mulai sekitar pukul, 17.06-17;20 wpb, orasi politik yang sampaikan oleh, Tuan; AGUS KOSSAY selaku Ketua I KNPB Pusat, dan berikan apresiasi dan dukungan kepada persatuan rakyat Papua dan. Dalam orasi itu juga dengan tegas Tolak dialog Jakarta Papua, juga tolak melindo yang buat oleh Jakarta menjadi anggota MSG dan tolak juga tim pencari Fakta pelangaran HAM di Papua buatan Jakarta.
Pada pukul 18;02 wpb Kapolda Papua dan rombongan masuk di lapangan Mako Brimob Polda Papua, dia juga menyampaikan kepada rakyat bahwa kami juga akan menggumpulkan data dan bukti-bukti untuk persiapkan aturan kami yang akan jalankan kata Kapolda Papua, PAULUS WATERPAU.
Beri kesempatan kepada penanggun jawab Aksi tanggal, 02 mei 2016, KNPB sampaikan dihadapan Kapolda dan DPR-Papua, dengan tegas negara Indonesia Negara demokrasi dan kewajiban kami sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada pihak berwajib, sesuai undang-undang yang berlaku negara ini. Yang termuat dalam UU 1945 Pasal 15 ayat b. Tentang; Siapa yang inggin menyampaikan pendapat dimuka umum adalah hak Orang, dimuat dalam UU, 1945.
Waktu, 18;23 wpb dari Dewan Perakilan Rakyat DPR-Papua yang mewakili Laurenzius Kadepa bahwa kami DPR-Papua herang massa aksi dapat tahan semua ada di Mako Brimob Polda Papua, sedangkan kami tunggu mereka di kantor Perwakilan Rakyat, kehadiran massa aksi hari ini, karena sebelum 3 (tiga) hari lalu itu mereka antarkan surat pemberitahuan ke Kami. Kami juga hendak menyapaikan kepada pihak aparat bangimana kita jaga Tanah Papua ini tanah damai. Lanjutan juga sampaikan oleh; Ibu, Yakoba Lokbere salah satu anggota DPR-Papua, stop lakukan tidakan terhadap rakayat Papua, rakyat itu tidak bersalah. Atribut aksi semua di tahan Oleh Aparat Kepolisian.


WILAYAH SENTANI JAYAPURA-PAPUA
MATA JALAN POS 7-SENTANI JAYAPURA; Jam 06;00 wpb jumlah massa aksi sekitar 100 dan dibawa pimpinan koordinator aksi Tn, Agsu Pahabol sebagai Ketua I KNPB wilayah Sentani. Dan sekitar jam 07;22 wpb penambahan massa sekitar 500 lebih massa yang terkumpul di mata jalan pos 7 sentani, dan tidak lama lagi aparat mulai memancin massa aksi, terjadi baku adu mulut massa aksi dengan aprat kepolisian yang bertugas di titik mata jalan pos 7 dan terjadi penangkapan terhadap massa aksi yang ada dengan koorlap sejumlah 6 massa yang di tangkap, dibawa pengawasan 1 truk dalmas tambah 2 (dua) buah stada milik polisi, 6 pujuk senjata, tambah tali rotan. Atribut aksi semua di tahan Oleh Aparat Kepolisian.
MATA JALAN SOSIAL SENTANI-JAYAPURA; Mulai kumpul massa aksi jam, 06;23 wpb, jumlah 500 lebih massa aksi di bawa pimpinan korlap titik kumpul massa di mata jalan sosila Tn; Yunani Balio dan sekitar jam, 10;15 wpb penambahan massa aksi sekitar 200 lebih, dengan pengawalan ketat oleh aparat kepolisian, mengunakan 1 buah strada tambah 6 buah dalmas polisi, tambah 1 buah sabara tambah 1 buah mobil tahanan, 4 buah mobil avanza, (lima) pujuk senjata untuk mengawal massa aksi, dibawa pimpinan kabag OPS kapolres Jayapura di paksa bubarkan. Atribut aksi semua di tahan Oleh Aparat Kepolisian.
PORWODADI SENTANI-JAYAPURA; Pukul, 06;00 wpb massa aksi awal sebanyak 50 orang di bawa koordinir oleh korlap Tn, Rudy Wenda dan beberapa waktu kemudian penambahan massa aksi kurang lebih 300 massa aksi dibawa pengawalan ketat oleh pihak aparat yang bertugas polresta Jayapura sebanyak 2 buah mobil dalmas 2 buah mobil avanza dan 7 buah motor patroli milik polisi. Negosiasi yang di bangun oleh korlap tidak di terimah oleh pihak aparat dan beberapa waktu kemudian di paksa bubarkan massa aksi saat itu hampir terjadi keos antara aparat kepolisian dan massa aksi. Atribut aksi semua di tahan Oleh Aparat Kepolisian.
5 AKTIFIS PENAGKAPAN DI SENTAN; Penagkapan kedua terjadi di sentani pada pukul 08.00 WPB, penagkapan ini terjadi di mata jalan Pos 7 sentani-Jayapura, masa aksi dari jam, 07.00 WPB sedang berkumpul di mata jalan pos 7 sentani jayapura-Papua, tanpa melakukan negosiasi 6 aktivis KNPB ditangkap dan dikiring ke polres Kabupaten Jayapura doyo baru sentani. Selain penagkapan sejumlah atribut disita aparat kepolisian. Mereka yang dapat tangkap sorenya di keluarkan dari Tahana Polres Jayapura-Papua. Atribut aksi semua di tahan Oleh Aparat Kepolisian.
KRONOLOGIS WILAYAH-WILAYAH;
WILAYAH SORONG-PAPUA
Komite Nasional Papua Barat KNPB Wilayah Sorong Raya, Mediasi rakyat Papua menggelar aksi demonstrasi damai di pusatkan di Kota Sorong. Republik Indonesia Sebelumnya KNPB mengeluarkan surat pemberitahuan kepada pihak berwajib, yaitu Kepolisian Negara Republik Indonesia Resor Sorong Kota, pada tanggal 26, April 2016. “ Isi suratnya, bahwa KNPB Akan turun demo pada hari senin tanggal 2 Mei 2016 di sorong ” namun pihak kepolisian sorong kota tidak menerbitkan STTP, Dengan Alasan Bahwa Aksi KNPB tersebut, dinilai, organisasi terlarang atau Ilegal di Negara Republik Indonesia. Ujarnya.
Namun KNPB pada perinsipnya tidak Mundur dari satu langkapun. Maka KNPB Melakukan mobilisasi masa selama satu minggu, dari KNPB Sektor Maybrat, KNPB Sektor Tambrauw, KNPB Sektor Sorong Selatan, KNPB Sektor Raja Ampat, Bahkan KNPB Sorong Kota dan Kabupaten Sorong yang dikoordinir Oleh Koordinator Lapangan Tn, Arnol Kocu dan Wakorlap, Tn Steven Peyon. Aksi kali ini sangat luar biasa, maka Masa aksi mulai berkumpul di Halaman Kampus UKIP pada Pukul 07.00.WIT, dengan tujuan menuju ke Thio. Namun tidak berhasil karena, Gabungan Aparat TNI, Polri Serta Brimob dengan menggunakan Peralatan lengkap datang dan membubarkan masa aksi KNPB Secara Paksa. Maka beberapa aktifis KNPB serta masa aksi KNPB dipukul oleh polisi.

Maka sampai dengan hari ini dalam keadaan sakit. Setelah polisi mengamankan masa aksi KNPB dan semua atribut KNPB di dalam mobil tahanan, kemudian gabungan TNI/ Polri menuju ke sekretariat KNPB dan melakukan pengrebekan di kantor KNPB pada pukul 08.00 wpb. Dan alat alat kerusakan seperti, pintu depan, dan pintu belakang, jendela, depan dan belakang, mematakan tiang bendera KNPB setelah itu mereka juga sita barang-barang azet milik KNPB sebagai berikut: 1. Labtop 3 Unit, 2. Printer 2 Unit, 3. Spiker aktif, 2 pasang, 4. Hp. Semua jenis merek 30 Unit, 5. Semuan buku-buku 6. Makanan ketupat dan alat-alat dapur 7. Alat-alat kerja seperti, sekop, lingkis parang dan kampak Milik KNPB diamankan ke Mapoles Sorong Kota.

Penagkapan Terhadap para aktifis KNPB. Anggota KNPB Polisi Mengamankan 28 orang aktifis KNPB di Mapolres Kota Sorong dan di tahan selama 1x24 jam, dan pada tanggal 2 sampai dibebaskan pada tanggal, 3 Mei 2016. Selanjudnya 28 dibebaskan maka menuju ke secretariat dan melakukan pengecekan barang barang di dalam rumah, namun banyak yang kehilangan, seperti uang tunai, tas, pakean dan dompet yang berisi surat-surat penting milik anggota KNPB. Hal ini sangat tidak memanusiai yang dilakukan oleh Gabungan TNI/Polri terhadap kami KNPB Wilayah sorong raya.

28 Aktivis KNPB Sorong Raya; tersebut ditangkap saat menggelar aksi Demo damai di halaman UKIP Malanu Kota Sorong-Papua Senin, (2/5/2016), sekitar Pkl .08.00 wpb. Mereka dibubarkan secara paksa oleh aparat Gabungan TNI/ Polri. dan 27 aktivis berhasil tangkap dan mereka berada di Mapolres Sorong Kota. Mereka ditahan sampai dikeluarkan tanggal, 4 Mei 2016 besok harinya.

WILAYAH MERAUKE PAPUA
200 Aktivis KNPB Wilayah Maroke; Pada pukul, 06.46 WPB, kepolisian dari polres merauke-Papua kembali menagkap aktivis KNPB yang melakukan demo damai di tugu Pepera merauke-Papua.
Masa aksi yang dipimpin oleh ketua KNPB wilayah Maroke Tn, Gento Doop dan sekertaris I. Tn, Charles Sraun dan langsung di blokade oleh Aparat kabungan TNI/Polri yang bertugas di Polresta Maroke-Papua dan membubarakan masa secara paksa tetapi massa Aksi bertahan.
Setelah polisi mencoba membubarkan dan sebagian besar massa Aksi berhasil ditangkap secara sewenang-wenang dengan kekerasan. Semua aktivis di naikan dalam 5 (lima) buah mobil Dalmas dan dikiring ke Mapolres maroke-Papua. Sementara masih  ditahan di Polres maroke sampai malam. Setelah itu malam sekitar jam, 24.00 wpb-malam. Yang  kasih keluar sebanyak 198 aktivis KNPB. Dan selain dari itu 2 aktivis KNPB yang masih Tahan di mapolres Maroke-Papua sampai saat ini.
Kontac person oleh Kapolres Maroke: +628124801996
WILAYAH WAMENA-PAPUA
14 AKTIVIS KNPB & PRD DI WAMENA DITANKAP OLEH KEPOLISIAN POLRES JAYAWIYA; KETUA 2 PRD wamena & KETUA 2 KNPB Wamena bersama 8 Aggota KNPB di tangkap oleh Polisi Wamena tanggal 2 Mey 2016 massa aksi yang sedang berada di sekertaris KNPB Wamena, POLRI/TNI menggunakan perlengkapan perang datang menggrebek Sekertariat KNPB Wamena, pukul 10.00 wpb, lakukan penangkap brutal beserta dokumen-dokumen disita polisi. sementara membawa Ketua PRD dengan kawan-kawan, pintu-pintu sekertariat KNPB wilayah Wamena-Papua dirusak oleh polisi yang bertugas Polres Jayawijaya-Papua. Seluruh anggota KNPB yang telah diculik dan ditangkap dari tanggal, 30 April - 2 Mey 2016, semua berada di polres Jayawijaya-Papua. Anggota KNPB dan PRD Wamena ditangkap oleh polisi bertugas Porles jayawijaya, Wamena. Sebanyak 14 aktivis.  Tanggal, 2 Mey malam semua dikeluarkan tetapi 2 orang yang masih tahan di polres Jayawijaya-Papua diantaranya; 1. Herry Kossay, 2. Ronald Hiluka, masih di Porles Jayawijaya-Papua.
Kontac person kapolres Jayawijaya Wamena: +6282198199777+628130687997.
KONSULAT MAKASAR-SULAWESI SELATAN (SULSEL)
44 ATIVIS KNPB KONSULAT MAKASAR DITANGKAP; Aksi demo mendukung pertemuan IPWP, MSG sekaligus, menolak 01 Mei adalah hari aneksasi wilayah Papua kedalam negara Kolonial, kepolisian kembali menagkap 42 aktivis KNPB konsulat KNPB makasar yang ditangkap oleh kepolisian Indonesia. Semua aktivis KNPB sedang ditahan di Mapolres Makasar sulawesi Selatang. Setelah jalani pemeriksaan dikeluarkan. #laporanBP-KNPBKonsulatSulsel.
WILAYAH PANIAI-PAPUA
KRONOLOGIS AKSI 2 MEI KNPB DAN PRD WILAYAH PANIAI; Sesuai Arahan Aksi Nasional 02 Mei 2016 dari Badan Pengurus Pusat Komite Nasional Papua Barat (KNPB), dengan Nomor surat arahan: Maka kami Pengurus Wilayah KNPB Paniai beserta seluruh Rakyat Paniai mengadakan aksi mendukung: (1). pertemuan IPWP di London Inggris (2). Pertemuan MSG di Port Villa Vanuatu, agar ULMWP dijadikan sebagai full member di MSG (3). Menolak 01 Mei sebagai hari Aneksasi Papua Barat kedalam NKRI melalui pendekatan Militer Indonesia secara paksa. Aksi Nasional tersebut telah kami lakukan dalam bentuk doa, ibadah dan orasi-orasi politik mewakili dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh perempuan.
Aksi Nasional telah kami lakukan, oleh karena Surat Pemberitahuan untuk meminta Izin aksi dari pihak Kepolisian pada hari Sabtu tanggal 30 April 2016, tidak direspon atau tidak diizinkan oleh pihak kepolisian dengan alasan mengganggu KAMTIBMAS Wilayah Hukum Paniai. Perdebatan cukup panjang antara kami Pengurus KNPB Wilayah Paniai dan pihak Kepolisian, namun tidak diberiizin untuk aksi papua merdeka di ibu kota Kabupaten Paniai Enarotali.
Fenomena atau situasi ini tidak mematahkan semangat kami Pengurus KNPB Wilayah Paniai untuk mengadakan aksi nasional menyuarahkan REFERENDUM bagi West Papua. Kemudian melalui rapat mendadak Pengurus KNPB Wilayah Paniai, maka kami menyepakati untuk mengadakan aksi nasional dalam bentuk doa, ibadah dan orasi politik di Kebo (Tamokebo). Luar biasa semangatnya 10 sektor yang ada di KNPB Wilayah Paniai berhasil memobilisasi massa, sehingga ratusan lebih masa aksi menghadiri kegiatan tersebut di Kebo.
Kami memulai Ibadah, doa dan orasi-orasi politik pada pukul 10.32 WPB. Yang menjadi Koordinator Lapangan (Korlap) adalah Tn, Derek Nawipa, Doa dan Ibadah dipimpin oleh Ev. Jhon Gobai dan Ev.Metusale Pekei terambil dari Kitab Ratapan Pasal 5 (lima), dengan tema “Berdoa Bagi Pemulihan Negeri West Papua” ditekankan bahwa kita berdoa bagi IPWP dan parapimpinan Parlemen serta Kepala Negara yang hadir serta doakan buat ULMWP dan MSG, agar Papua menjadi full member di MSG.
Dari semua Orasi politik yang diwakili oleh tokoh pemuda, masyarakat, agama, perempuan, menerangkan dengan tegas bahwa “Kami menyatakan sikap kami, sepenuh nyamendukung Pertemuan di London Inggris dan Pertemuan MSG di Port Vila Vanuatu”. Secara khusus orasi TPN-PB Makodap V Wedauma/Wodepi, menyatakan sikap bahwa KNPB sebagai mediator “tolong mengekspos keluar semua penderitaan rakyat kami di Paniai kepada dunia luar, agar mereka pun mengetahui segalah penderitaan di Paniai-Papua”. Kemudian TPN-PB juga mengatakan bahwa “kita jangan selalu dengar isu-isu yang menakutkan, meredam Ideologi Papua Merdeka serta semangat perjuangan” dengan berbagai tawaran, misalnya tawaran jabatan, proyek dan suapan uang. Itu hanya sementara, tetapi perjuangan Papua merdeka masih panjanga hingga kita merdeka.
Aksi tersebut, diakhiri dengan Pembacaan Pernyataan Sikap oleh PNWP, Sekretaris Fraksi Mee-Pago Tn, Pectrus T. Nawipa. Pernyataan sikap tersebut, mendukung: (1) Pertemuan IPWP 02 Mei 2016 di London Inggris (2) Mendukung Pertemuan MSG di Port Villa Vanuatu, agar ULMWP diterima sebagai Full Member (anggota tetap atau resmi) (3) Menolak secara tegas 01 Mei 1963 yang dikatakan sebagai hari aneksasi Papua Barat kedalam NKRI. Karena Papua Barat bukan masuk atau bergabung dengan NKRI pada waktu itu, tetapi dimasuk kan secara paksa oleh pendekatan militer yang kejam. West Papua sebagai Wilayah sengketa antara (Belandadan Indonesia), maka dengan itu West Papua harus dilakukan REFERENDUM untuk “Menentukan Nasip Sendiri” Self Determination dengan mekanisme internasional “One Man One Vote” satu orang satu suara menentukan nasib sendiri (Merdeka).
Sepanjang aksi tersebut, diawali dan diakhiri dengan ungkapan “Salam RevolusiKita harus mengakhiri” “Papua Merdeka” dan “Referendum Yes”. Seluruh rangkaian aksi ditutup dengan seruan Doa Pemulihan bagi Negeri West Papua oleh seluruh rakyat Paniai.
Sekian laporan singkat kronologis aksi doa dari Badah Pengurus Wilayah KNPB Paniai di Kebo mendukung Pertemuan IPWP di London Inggrispada 2 Mei 2016 besok. Paniai; 02 Mei 2016. By: KNPB dan PRD Wilayah Paniai.

WILAYAH TIMIKA-PAPUA
Kronologis Dukungan­_Komite Nasional Papua Barat [KNPB] adalah sebagai Media Bangsa Nasional dan Parlemen Rakyat Daerah Mimika [PRDM] sebagai Lembaga referentatif Politik Bangsa Papua bersama Rakyat Papua di Timika-Papua Mendukung pertemuan IPWP dilondong Inggris, Pertemuan MSG yang akan laksanakan di Port Villa Vanuatu nanti. dan Mendesak Kepada PBB agar segerah tinjau kembali REFERENDUM ulang di Papua, dukungan tersebut di lakukan, di Kantor Organisasi Papua Merdeka [OPM] KNPB & PRD Wilayah Timika Kebun Siri Jl.Freeport Lama bendungan (Senin 02 Mei 2016).
Kegiatan yang dimaksud dimediasi oleh KNPB dan yang dipimpin oleh Ny.Fransiska Jitmau, dengan pujian penyembahan, tari-tarian adat dengan meriah. Lalu Renungan singkat yang dibawahkan Oleh Bpk. Pdt. Agus Uruktem yang di ambil di dalam kitab “Injil Matius 11:28 dengan Thema :”TUHAN ALLAH ADALAH SEMUA KUNCI SEMUA JAWABAN” Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. ”Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah-lembut dan rendah hati dan jiwa muakan mendapat ketenangan. Sebabkuk yang Kupasan gitu enak dan beban-Ku pun ringan."
Setelah itu dukungan kegiatan yang akan berlangsung oleh IPWP di London pada tanggal, 03 Mei 2016 itu Bpk. Pdt, Deserius Adii membuka dukungan dengan DOA dalam bahasa ibu masing-masing. Dalam doa tersebut ada beberapa angenda penting yang jadi pokok Doa yakni; yang pertama Rakyat Papua di timika mendesak kepada IPWP agar segerah mendesak juga kepada PBB untuk tinjau kembali Referendum ulang di Papua dan yang kedua kami mendesak juga kepada MSG bahwa ULMWP harus di terima sebagai anggota Full di MSG.
Lanjut setelah itu Rakyat Papua di timika ratusan orang juga melakukan penandatanganan petisi untuk memberi dukungan pertemuan yang akan berlangsung besok di London. pada 3 Mei 2016. Bukan hanya itu saya tetapi dari perwakilan 7 wilayah adat yakni; Saireri, Domberay, Bomberay, Mepago, Lapago, Mamta, dan H-Anim juga mendesak kepada PBB agar segerah menggelar Referendum ulang di Papua dan mendukung penuh kegiatan IPWP yang akan di lakukan di London. Setelah itu Orasi Politik yang di sampaikan oleh ketua Parlemen Nasional West Papua [PNWP] Romario Yatipai bahwa.
WILAYAH NABIRE-PAPUA
KRONOLOG DUKUNGAN 2 MEI 2016; KNPB mengajak kepada Dukungan Pertemuan kepada KTT IPWP Di London Inggris. Dan pertemuan (MSG) di Port Villaa Vanuatu 2016 nanti. Hal ini di ungkapkan Ketua KNPB Wilayah Nabire, Tn, Anthon Gobai, saat jumpah pers, senin (02/05/2016) di Asrama Paniai Kalibobo Nabire-Papua. menurutnya sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan yang dilakukan ini KNPB bersama rakyat Papua mendukung penuh terimah menjadi anggota Penuh (MSG) melalui ULMWP sebagai mewakili Orang Papua.
pihaknya hanya melakukan aksi jumpa pers. sebagai bentuk aksi pada, 2 Mei 2016 ini. kami juga sangat mendukung berhargai upaya perjuangan yang di lakukan dalam rangka terimah menjadi anggota penuh MSG dirumah melanesia. KNPB sebagai mediasi rakyat, tetap berjuang untuk mengahkiri perjuangan yaitu melalui jalur Referendum. kami tidak takut sama siapa-siapa kami tetap berjuang demi kemerdekaan ia mengajak pada tanggal, 2 mei 2016 juga. Mari rakyat Papua mendukung dan berdoa agar ULMWP tetap masuk anggota penuh di MSG " kta juga tidak lupa mengajak berdoa bersama" ini kerinduan kami," sementara itu Ketua Parlemen Rakyat Daerah (PRD) Wilayah Nabire-Papua Tn, Akulian Mote menyatakan di wilayah nabire, pihak keamanan Aparat Polisi menjaga ketat dimana-mana tempat sasaran. Bahkan juga, KNPB beberapa waktu lalu melayangkan surat pemberitahuan aksi kepada pihak berwajib yaitu; Aparat kepolisian, namun kami belum di keluarkan surat tanda-terimah untuk demo.

"walaupun pihak polisi belum di ijinkan untuk kami demo, sebagai bentuk dukungan kami lakukan kegiatan jumpa pers wartawan dan dukungan. kedepan kami akan demo, kalau saja masih tidak di ijinkan oleh pihak keamanan. ini negara demokrasi, setiap orang punya hak untuk menyampaikan "tegasnya. Berbagai perjuangan dilakukan untuk kemerdekaan, pihaknya tetap mendukung "kami tetap mendukung demi mencapai kemerdekaan rakyat West Papua. "By, Arnord Degei" (kronolog wilayah Nabire).
WILAYAH YALIMO-PAPUA
Yalimo-Papua, 02 Mei 2016, Aksi Demo Damai Nasional Dukungan kepada: 1. Pertemuan IPWP di london Inggris, 2. Pertemuan MSG di port Villa Vanuatu, 3. Tanggal, 01 Mei adalah hari Aneksasi Papua kedalam Negara colonial Indonesia rakyat Papua menentang Keberadaan Indonesai di Papua.
Untuk mendukung Agenda Tanggal, 02 Mei 2016 adalah hari Aksi Nasional untuk orang Papua bergerak dalam mendukung proses perjuangan., Maka KNPB Wilayah Yalimo-Pun Melakukan Ibadah Singkat sesuai arahan BPP-KNPB yang keluarkan ke seluruh Tanah Papua dan Turut Mendukung dalam Aksi Demo Damai yang dipimpin oleh: Tn. Wene Gombo Ketua KNPB Wilayah Yalimo, sebagai penanggun jawab wilayah dan korlap Tn. Stracky Yally, dan Theo Loho.
Dengan Demikian, Maka Sebelum aksi Demo damai berlangsung Sesuai dengan Selebaran Himbauan yang telah di Hamburkan Jauh Sebelumnya, demi mendukung Agenda Nasional sehingga Masa Aksipun dapat berkumpul di Sekret PRD dan KNPB Wilayah Yalimo-Papua, Tepat Pukul; 09.00, WPB.
Namun sebelum Aksi Demo damai Berlansung sebagian Masa Aksi terkumpul, Kapolsek Yalimo Mengirim sebuah Pemberitahuan Via SMS mengenai Perintah Kapolda Papua Untuk TIDAK melaksanakan Aksi Demo Damai dalam bentuk Apapun ‘Kepada ketua KNPB Wilayah Yalimo. Bunyi SMS-nya;Sekali juga disampaikan Kepada KNPB Yalimo sesuai Perintah Kapolda Papua untuk tidak melaksanakan Demo dalam bentuk apapun, jika tidak mematuhi Perintah ini, Maka Saudara akan ditindak sesuai Aturan yang berlaku, demikian agar diperhatikan, dari Kapolsek Elelim Yalimo, Terima kasih atas Perhatiannya “. SMS yang dikirim oleh Kapolsek Elelim kepada Ketua KNPB Yalimo sebanyak TIGA Kali dengan Bunyi yang sama, dan SMS tersebut dikirim sebelum turun Aksi, Namun Aksi Dukungan terus berlanjut, ketika aksi baru memulai tiba-tiba DENSUS 88 dan Beberapa Anggota TNI/POLRI Menghadang dengan alasan atas Perintah Kapolda Papua bahwa tidak boleh melakukan Aksi dalam bentuk apapun.
Namun Kami Panjatkan Puji dan Syukur Kehadirat TUHAN yang MAHA KUASA, atas Suksesnya Aksi Demo Damai wilayah kami di Yalimo-Papua, tepat pada Pukul, 11.30 WIB, Walaupun Dihadang aksi dukungan IPWP dibawah tekanan dan intimidasi Aparat gabungan TNI/POLRI dan DENSUS 88 klonial Indonesia.
WILAYAH MNUKWAR-PAPUA
Kronologis Dukungan__Tanggal, 2 Mei 2016, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Geral aksi Nasional dalam bentuk Ibadah terbuka, untuk mendukung pertemuan IPWP dan MSG, sekalian menentang keberadaan indonesia diatas tanah Papua. Karena 1 mei adalah hari aneksasi wilayah papua barat kedalam Pangkunan tampa ketahui orang Papua. Kami wilayah mnuwar dukungan melalui Ibada. Namun sebelumnya kami saat persiapan pangun tempat ibada, datangi pihak aparata TNI and Polisi. Kami sampaikan juga kami mau lakukan ibada di tempat bukan aksi di jalan raya. Akirnya kami
WILAYAH BYAK-PAPUA
Kronologis dukungan___Komite Nasional Papua Barat [KNPB] adalah sebagai Media Bangsa Nasional dan Parlemen Rakyat Daerah [PRD] Byak sebagai Lembaga referentatif Politik Bangsa Papua bersama Rakyat Papua di Byak-Papua Mendukung pertemuan IPWP dilondong Inggris, Pertemuan MSG yang akan laksanakan di Port Villa Vanuatu nanti. dan Mendesak Kepada PBB agar segerah tinjau kembali REFERENDUM ulang di Papua, dukungan tersebut di lakukan, (Senin 02 Mei 2016).
Lanjut setelah itu Rakyat Papua di Byak ratusan orang juga melakukan penandatanganan petisi untuk memberi dukungan pertemuan yang akan berlangsung besok di London. pada 3 Mei 2016. Juga mendesak kepada PBB agar segerah menggelar Referendum ulang di Papua dan mendukung penuh kegiatan IPWP yang akan di lakukan di London. Setelah itu Orasi Politik yang di sampaikan oleh Pimpinan KNPB dan PRD Byak.
Penagkapan Dalam Aksi Nasional 2 Mei 2016
Aksi Nasional pada tanggal  2 mei 2016 beberapa kota di  papua berakhir dengan penagkapan. Wilayah-wilayah yang terjadi penagakapan itu antara lain Merauke, Sorong, KNPB konsulat Makasar, Wamena  Kabupate Jayapura dan kota jayapura.
Khusus untuk kota jayapura sebelumnya data kasar laporkan 1449 ditambah dengan penagkapan di wilayah media Lokal dan media Nasional laporkan bahwa terjadi penagkapan di Papua hanya 1690 an orang. Maka kami perlu kelarivikasi bahwa, ankah 1000 an orang laporan awl itu berubah setelah kami melakukan pendataan sekaligus menyusun kornologi secara keseluruhan.
Setelah melakukan pendataan secara keseluruhan ankah Penagkapan kuhsus pada tanggal  2 mei 2016, berjumlah 2044 (dua ribuh dua pulu empat orang yang ditangkap. Angkah 20244 orang ini tidak termasuk dengan penagkapan di fakkfak dan di semarang, namun angka ini didapat dari 5 kota di papua dan satu kota di luar papua yaitu Makasar. Khusus kota jayapura angkah penagkapan berjimlah 1.733 orang, penagkapan ini terjadi di di 7 titik.

Waena gapura Uncen,
1.         Expo waena
2.        Lampu merah Waena,
3.        Depan DEN ZIPUR waena
4.        Lingkaran Abepura
5.        Uncen Lama, Abepura
6.        Abepura,  Uncen Perumnas III Waena
7.        Penankapan brutal depan Mako Brimob Polda Papua and
8.        Yapis Dok V Jayapura.
Kemudian penagkapan di 5 Wilayah di papua  berjumlah  237 orang satu kota di luar papua yaitu,KNPB konsulat makasar Maksar-Sulawesi Selatan sejumlah, 44 aktivis KNPB yang dapat tangkap oleh Aparat Kepolisian. Maka total angkah penagkapan di 6 wilayah 281 orang.
Sekali lagi kami sampaikan kepada publik bahwa Penagkapan Khusus kota jayapura sekitar 1.733 (seribu tuju ratus tiga puluh tiga) Massa Aksi KNPB di tahan oleh Aparat Kepolisian Indonesia lebih jelas bisa lihat di tabel berikut.

Video –vedeo penagkapan bisa dilihat di link berikut ini :

Video –vedeo penagkapan bisa dilihat di link berikut ini :

Demikian laporan resmi  Kami Komite Nasional Papua Barat (KNPB) secara keseluruhan aksi Nasional tanggal 2 Mei 2016 di Papua. Ahirnya kami dari BPP KNPB menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terus mambatu dan mengadvokasi dab publikasi penagkapan di papua.

Kami juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat papua yang turut berpartisifasi dalam aksi nasional yang dikomandoi KNPB pada tanggal 2 mei 2016. Sekalipun ada penagkapan 20.24 orang yang ditagkap semua dikut komando knpb sehingga tidak terjadi hal yang anarkis dan rakyat melakukan perlawanan dan perjuagan damai melawan kolonialisme indonesia.

Kami badan pengurus juga menyampaikan permohonan maaf kepada rakyat papua, atas kesalahan apa bila kami buat dalam aksi 2 mei 2016. Sekaligus juga menyampaikan permohonan maaf atas kekerasa aparat terhadap masa aksi dan seluruh barang yang disita aparat belum dikembalikan akhirnya hilang pada saat penagkapan.
Semoga semua kerugian rakyat papua akan tercatan dalam sejarah pelawnan ini.

Semua pihak  yang berkorban untuk mendukung aksi damai 2 mei 2016, baik waktu tenaga, dan harta benda dalam aksi tersbut kami dari BPP-KNPB tidak akan membalas semua pengorbanan namun Tuhan yang penya perjuagan ini akan mebalasnya.

Laporan ini kami buat dengan penu tanggung jawab Atas perhatian dan kerja sama yang baik tak lupa kami haturkan berlimpa terima kasih,Tuhan  esus tokoh revolusi duni akan memberkati kita semua.

Data dalam bentuk PDF Silakan Klik 
Numbay, 05 Mei 2016
BADAN PENGURUS PUSAT
KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT (BPP-KNPB )


ONES SUHUNIAP
Sekertaris Umum

PDF

About Nesta S. Gimbal

DIBALIK SERUAN PAHLAWAN

AKTIVIS PAPUA


Kabut,
Dalam kenangan pergolakan bumi Cendrawasih
Mendung,
Pertandakah hujan darah deras
Membanjiri asa yang haus kemerdekaan
Dia,Anda,sy dan kt semua
Serbu....merebut  kemerdekan mati,atau hidup soal biasa

Titahmu terdengar kian merasuk dalam jiwa
Dalam serbuan benderamu dgn kata LAWAN menyatu
Kau teruskan mengajak Rakyat “KITA HARUS MENGAKHIRI”
Kau teriakan semangat juang demi negerimu West Papua
Kau relakan terkasih menahan terpaan belati
Untuk mama Papua SALAM FREEDOM

 “Jika kami mati, jangan cari kubur kami di bumi, tetapi carilah di dalam hati para Pecinta.”

            Vietnam Numbay,12 April 2013

1 komentar:

  1. saya mengucapkan banyak terimakasih kepada KI HADAK yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama KI HADAK dan dengan senang hati beliau mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi KI semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi KI HADAK DI 085=259=457=111 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama KI HADAK
    BUKA INI DANA GHAIB TOGEL










    saya mengucapkan banyak terimakasih kepada KI HADAK yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama KI HADAK dan dengan senang hati beliau mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi KI semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi KI HADAK DI 085=259=457=111 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama KI HADAK
    BUKA INI DANA GHAIB TOGEL

    BalasHapus

silakan komentari

Diberdayakan oleh Blogger.