Kekerasan Militer

84 AKTIVIS KNPB DITANGKAP DALAM AKSI MENDUKUNG ULMWP MMEMBAWAH WEST PAPUA MENUJU MSG

Foto salah satu korban yang di pukul polisi Pada saat Penagkapan Jubir KNPB dan 29 anggota lainya
82 AKTIVIS KNPB DITANGKAP 5 ORANG TERLUKA  DALAM AKSI MENDUKUNG ULMWP MMEMBAWAH WEST PAPUA MENUJU MSG

Aksi demo damai Mendukung  ULMWP Membawah West Papua menuju MSG berakhir dengan penagkapan dan pembubaran paksa serta pemukulan dan penyiksaan terhadap aktivis KNPB   Demo damai Komite Nasional Papua Barat KNPB di berbagai daerah di Papua berakhir dengan penagkapan dan penyiksaan terhadap sejumlah aktvis KNPB di Papua Barat.

Penagkapan 82 aktivis KNPB yang ditangkap dan disiksa polisi tersebut terjadi di Jayapura, Nabire dan Wamena. Penagkapan di kota jayapura terjadi di 3 tempat yang berbeda antara lain :
1.        Perumnas III waena sebanyak 30 orang
2.        Halaman Kantor DPRP sebanyak 6 orang
3.        Di Taman Imbi Jayapura Kota sebanyak 4 orang
4.        Di nabire seanyak 6 orang
5.        Di Wamena sebanyak 25 orang

Sedangkan nama yang disiksa dan dipukul polisi kami berhasil didata antara lain
1.        Sam Lokon kepala dipukul dengan pantat senjata
2.        Ori Ilintamon dipukul dengan sepatu dan pantat senjata di kepala yang mengakibatkan kepala benyol
3.        Abetnego Dipukul dan di inyak-inyak di tanah dengan sepatu
4.        Asa Alua di pikul dengan dengan senjata sehingga kepala berdara.
Kronologis penagkapan dan penyiksaan dan Nama-nama 82 aktivis yang ditangkap diberbagai daerah di Papua  serta sejumlah barang milik KNPB yang disita silakan dikuti  dalam lampiran dibawah ini.

KORONOLOGI 30 AKTIVIS KNPB DITANGKAP, 5 ORANG TERLUKA DI GAPURA UNCEN PERUMNAS III, WAENA AKSI DEMO DAMAI DUKUNG ULMWP MEMBAWAH WEST PAPUA KE MSG

KNPBnews  JAYAPURA 28 MEI 2015. Aparat kepolisian dari Polresta Kota Jayapura kembali melakukan pengkapan brutal dan mebubarkan masa dengan mengeluarkan tembakan. Akibat dari kebrutalan aparat ini 5 orang terluka puluhan lainya ditangkap. Penagkapan aktivitas KNPB ini ditangkap karena ulah mahasiswa uncen yang jadi propokator dan melempar batu ke arah polisi dari arah sekertariat bem uncen dan dari arah atas jalan naik kampus.

Hai itu menyebabkan sejumlah aktivis knpb ditangkap secara brutal hingga sejumlah aktivis terluka karena disiksa polisi. Demo damai KNPB medukung ULMWP pada hari ini Polisi menakap seluruh aktivis KNPB di gapura uncen perumnas III Waena. Penagkapan ini terjadi pada pukul 09 . 15 WPB. Dalam Penagkapan ini sejumlah aktivis KNPB terluka karena polisi melakukan pemukulan pada saat Penagkapan.

Salah satu yang terluka adalah Assa Alua terluka kepala mengeluarkan darah cukup banyak. Kemudian salah satu gigi patah. Pada saat melakukan penangkapan polisi mengeluarkan tembakan sebanyak 2 kali. Sebelum polisi melakukan penagkapan ada pengurus BEM Uncen yang sudah dipasang polisi melempar batu ke arah polisi seakan-akan masa yang melempar batu, akhirnya langsung melakukan pemukulan dan penagkapan.

 polisi datang melekukan pemukulan dan panagkapan dengan tidak manusiawi terhadap sejumlah aktivis KNPB.sekitar 5 anggota KNPB terluka. Kemudian di Expo Waena 2 orang di tangkap pada pukul 9.00 WPB. Sebelumya mahasiswa uncen memalang kampun pada pukul 8.35 WPB namun polisi bubarkan paksa.

Kemudian KNPB Keluar dari sekertariat vietnam menuju perumnas III Waena pada pukul 09.00 wpb, kemudian pada pukul 09.10 masa aksi dari KNPB  tiba di gapura uncen langsung dihadang polisi. 5 menit kemudian ada provokator lempar batu dari arah kamus ke polisi sehingga semua aktivis KNPB ditangkap polisi. Polisi juga melakukan penangkapan di Expo dan depan kantor pos abepura.
Aksi demo yang sama KNPB wilayah sentani dibubarkan paksa oleh kepolisian polres Sentani, dan di abe depan kantor pos abe dibubarkan.

ININILA NAMA  46  AKTIVIS KNPB YANG DITANGKAP DI JAYAPURA
Dalam aksi demo damai KNPB mendukung ULMWP membawah west Papua ke MSG  Polisi menagkap 46 aktivis KNPB ada 5 orang yang terluka, dipukul dan disiksa Polisi.

nama-nama yang ditangkap  di perumnas 3 Waena antara lain :
1. Warpo wetipo, Ketua Komisariat diplomasi KNPB Pusat
2. Ucak Bazoka Logo, Jubir Nasional
3. Sony Meage,
4. yosep degey,
5. panus siep,
6. assa alua,
7. oncen balingga,
8. meky tipagau,
9. nita wenda,
10. yufri pahabol,
11. eky balingga,
12. alex mujijau,
13. sony dogopia,
14. natalis napagani,
12. beny yatipai,
16. Eliaser Anggainggom, Wakil ketua Parlemen Nasional West Papua wilayah Haa ANim 
17. yustinus nambagany,
18. dominikus dendegau,
19. taksen giay,
20. selvianus bagubau,
21. Memendas so,
22. Otniel balingga,
23. osea yeimo,
24. amos payage,
25. natalis go,
26. donatus dombay,
27. musa tobay,
28. mike mabel,
29. pitre matuan,
30. keliopas boma.
 Barang-barang yang disita  polisi di perumnas 3 waena antara lain :
1.        Spanduk 2 buah
2.        Bendera KNPB 6 buah
3.        1 buah megapon
4.        30 HP disita polisi
5.        Camera 1 buah
 Penangkapan di Expo waena terjadi pada pukul 09. 00 WPB   Yang dapat tangkap di Expo waena  berjumlah 8 orang berikut nama-nama
1. Justinus Wambogai
2. Natalis Nambogai
3. Domingkus Dedegau
4. Selpianus Bagaubau
5 . Mecky Tibagau
6. Alex Mugijau
7.  Jus Nabagani dan satu orang Belum terindentivikasi.
Barang barang yang disita polisi  di Expo antara lain
1.        1 Buah megaphone
2.        3 buah bendera KNPB
3.        5 buah HP
 PENGKAPAN 8 AKTIVIS KNPB NUMBAY DAN KRONOLOGI
KNPB Numbaynews Kamis 28 Mei 2015 masa aksi dari KNPB Numbay melakukan aksi demo mendukung ULMWP membawah west Papua ke MSG berakhir dengan pembubaran dan penagkapan 8 aktivis KNPB numbay.
KNPB wilayah Numbay pusatkan titik kumpul di halte Yapis, Masa aksi demo damai  berkumpul di halte yapis jam 08- 00 – 10.00 WPB, pada pukul 10.30   Masa menuju DPRP, slema 2- 0 menit mas aksi menkunakan angkutan kota tiba di kantor DPRP jam 11. 10  WPB.  Kemudian masa aksi membentangkakan  spanduk dan bendera KNPB  melakukan  orasi - orasi selama 5 menit. Kemudian aparat kepolisian menadtangi masa aksi dari KNPB sentani yang berkumpul di halaman  DPRP  langsung dibubarakan  secara  paksa  dan 8  aktivis KNPB Numbay ditangkap . Sebelumnya terjadi penagkapan di perumnas III waena dan Expo masa Aksi dari KNPB numbay menuju ke kantor DPRP untuk mendesak DPRP mengeluarka aktivis KNPB namun, polisi kembali membubarkan masa aksi di kantor DPRP dan menagkap 8 aktivis KNPB yang melakukan orasi-orasi di halaman kantor DPRP Penagkapan di kantor DPRP itu terjadi pada pukul 10 .00 – 11. 30 WPB.
anggota  dan pengurus KNPB Numbay yang  ditangkap di halaman kantor DPRP dan ditahan Polres Kota jayapura. Nama  antara lain sebagai berikut :
1.        Regi
2.        Ymi
3.        Ribka
4.        Marike Mambrasar
5.        Didimus wakei
6.        Nton Iyai

Berikut nama -nama  yang ditangkap kantor halaman DPRP :
1. Regina Wenda Sekertaris KNPB numbay
2. Ribka Komba Bendahara KNPB numbay
3. Yimi Broway Ketua I KNPB Numbay
4. Abetnego Tenoye
5. Marike   Mbrasar
6. Didimus Wakei
7.  Anton Iyai dan ada satu orang belum  sempat didata

Barang barang milik KNPB Numbay yang disita aparat kepolisian dari halaman Kantor parlemen atau DPRP antara lain;
1.        Satu buah mengapone
2.        Satu buah spnduk
3.        7 Buah HP
4.        6 buah bendera KNPB
5.        1 buah camera
Kemudian pada pukul 11. 00 WPB masa aksi yang dari sector abe kamkey dan dari perumnas 3 sebagian berkumpul kembali ke sekertariat KNPB dan selanjutnya menuju ke kantor DPRP agar segera bebaskan aktivis KNPB yang ditangkap lebih dahulu.
Pada pukul 11. 10 WPB masa menuju ke kantor DPRP menggunakan mobil komando yang dipakai oleh KNPB hari Ini. Pada pukul 12.00 WPB masa aksi tiba di tama nimbi kemudian berusaha untuk masuk ke kantor DPRP namun polisia membubarkan paksa dan melakukan pemukulan terhadap sejumlah aktivis KNPB.
Mereka yang dapat tangkap di taman imi adalah 
1. Aftur Silak
2. Laskar Sama
2. Natalis Mabel
3. Thea Alua
4 . Gepsi
semua yang ditangkap diarahkan ke Polresta kota Jayapura.

POLISI JUAG MELAKUKAN PENAGKAPAN TERHADAP 6 AKTIVIS KNPB NABIRE

KNPB Nabire News: Hari  Ini ini  Kamis  28 Mei 2015,    jam 12.00 WPB kepolisian dari Polres Nabire  melakukan penagkapan terhadap 6 aktivis KNPB wilayah Nabire. Penagkapan itu terjadi di taman Gisi Oyahe Nabire.

Pada saat itu polisi melakukan penagkapan terhadap anggota dan pengurus KNPB tersebut setelah mereka  jumpa perss. Pada saat itu polisi dating dengan kekuatan penuh dengan peralatan lengkap. Aparat kepolisian tiba di tempat, yaitu taman Gisi oyahe Nabire langsung memengeluarkansebanyak empat kali.
Setelah itu polisi langsung menghadang aktivis KNPB lalu melakukan pemukulan dan Penagkapan. Polisi juga megejar  aktifis KNPB bersma PRD Wilayah Nabire lari menyelamatkan diri  Polisi turun lengkp degan alat perang lenkap senjata dan mobil tahanan serta mobil barak kuda satu buah mobil dalmas atau patroli yg bertugas polres nabire untuk menghadapi aktivis KNPB yang sedang Melakukan jumpa press dengan wartwan.
Nama yang ditangkap di nabire antara lain:
1. Yafet Keiya  anggota PRD Nabire  ketu komisi urusan luar negeri,
2. Ottis Munipa angota,
3. Mecky Yeimo sekjen 1 KNPB Pusat,
2. Akulian Mote, sebagai ketua PRD Nabire,
3. Anton Gobay, anggota
4. Anipa Pigai anggota
5. Iyouwa Nwpa sbg ketua  I knpb nbre,
6. Agus Tebai anggota.

kenapa polisi datang masyarakat dalam hal ini Aktivis KNPB yang sedang melakukan jumpa perss bukan demo, apakah mengeluarkan pendapat melalui media juga harus dilarang ? dimana hak politik orang Papua ?
Demikian informasi dari nabire  selanjutnya akan menyusul. Mohn dukungan doa.

Sementara itu aksi demo KNPB wilayah Sorong diblokade  oleh aparat kepolisian dari polres kota sorong. Aksi KNPB sorong raya tadi pagi di tempat ibada gereja rasuli di blokade dengan ketat satuan TNI/POLRI di jalan masuk gereja samping hotel waigo kampung baru kota sorong, walaupun di blokade dengan ketat masa langsung menuju sekertariat KNPB di malanu kampung samping kampus UKIP kota sorong untuk beribada mendukun ULMWP nenuju MSG, ibada berjalan dengan baik ibada di pimpin oleh pdt,ZARS FONATABA, Massa rakyat menuntut negara-negara Melanesia agar mendukung ULMWP menjadi anggota MSG
Kemudian aksi KNPB wilayah sentani dibubarkan dan diblokade oleh kepolisian polres kabupaten sentani.
Sementara itu  dari Wamena dilaporkan bahwa polisi menagkap 25  orang bersama Ketua I KNPB pusat Agus Kossay dan 25 anggota KNPB wamena ditangkap bersama ketua KNPB pusa Masih ditahan di polres JayawiJaya Wamena.
Polisi Blokade Demonstran KNPB Sentani
 Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Sentani sesuai arahan KNPB Pusat untuk aksi Nasional, maka hari ini tanggal 28 Mei 2015, KNPB Sentani bersama ratusan masa aksi turun jalan long march dari Secretariat menuju ke Jalan Pos 7. Jarak sekitar 1 km namun Polisi dari Polres Kabupaten Jayapura hadang masa aksi di jembatan kali Polomo dekat tidak jauh dari Pos 7 jarak sekitar 100 meter.

Polisi hadang masa aksi secara paksa pada jam 08: 00 WIT. Polisi minta masa aksi bubar jika tidak kembali ke sekretariat KNPB Sentani, maka Polisi dan kordinator aksi sempat tawar menawar terjadi. Akhirnya Polisi tidak ijinkan demonstran ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) sesuai rencana sebelumnya KNPB sebagai pusat sentral aksi damai. 

Setelah blokeade demonstran polisi tidak hanya suruh kembali tetapi menyita beberapa atribut demo damai KNPB  sentani diantaranya:
1.        belasan pamlet,
2.        spanduk 1  buah yang bertuliskan “Rakyat Papua Secara Resmi Mengundang Jurnalis Asing, Lembaga Kemanusian Segerah Datang Ke Papua” dan bendera KNPB 6 buah disita dari Polres Jayapura.
3.        Bendera KNPB 6  buah disita  dari Polres Jayapura.

Dalam orasinya Ketua I KNPB Sentani Agus Bahabol, Mangatakan “Semua demonstran jangan kecewa karena kita tidak ke Kantor DPRP tetapi kami sudah di hadang Polisi dan kembali, berarti angkap saja sudah sampaikan aspirasi kami di dunia dan Indonesia” kata dia dalam orasi sambil berjaln kaki pulang ke secretariat.


















About Suara Duka Dari Papua

2 komentar:

silakan komentari

Diberdayakan oleh Blogger.