Kekerasan Militer

JENAZAH ETINUS WANTIK, KORBAN KONTAK SENJATA DI TIMIKA, DIMAKAMKAN




Prosesi pemakaman Etinus Wantik, Minggu, 12 Januari 2014, depan Gereja GKI Kingmi Jemaat Ararat Bugin Jalan Baru di Timika (Jubi/Istimewa)
Timika, 12/1 (Jubi)  - Jenazah Etinus Wantik (22) yang disebutkan sebagai anggota dari kelompok Tentara Nasional Papua Barat (TNPB) atau Tentara Pembebasan Nasional – Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM), akhirnya dimakamkan pada Minggu (12/01) pukul 14.30 WIT.
Almarhum adalah pegawai  Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, namun disebutkan oleh Polisi, almarhum juga ikut terlibat dalam organisasi TNPB/TPN-OPM dan membantu pergerakan pasukan TNPB/TPN-OPM wilayah pegunungan tengah Timika bagian distribusi bahan makanan.
Jenazah Etinus Wandik ditemukan  saat pembersihan TKP seusai terjadinya kontak tembak antara kelompok yang diklaim oleh polisi sebagai TNPB/TPN-OPM dengan pasukan gabungan TNI/Polri akhirnya dimakamkan. Pada pemakaman yang dilakukan oleh pihak Lembaga Masyarakat Amungme (Lemasa) dan pihak Gereja beserta keluarga, juga di hadiri pihak TNI/Polri dan Pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, beserta masyarakat lainnya yang merupakan warga Etinus Wandik dari sejumlah Kampung yang ada di Kabupaten Mimika.
Sebelum prosesi pemakaman dilangsungkan, jenazah Etinus Wandik yang disemayamkan di Gereja GKI (Kingmi). Kemudian jenazah di ibadahkan dan dipimpin langsung Pendeta Marinus M Wamang selaku ketua jemaat Ararat Bugin. Setelah itu secara resmi jenazah diserahkan dari pihak Kepolisian kepada pihak Lembaga untuk kemudian di makamkan. Dalam penyerahan itu, jenazah diserahkan Oleh pihak TNI/Polri, dalam hal ini sebagai perwakilan Kapolres Mimika AKBP Jermias Rontini SIk, dan diwakili oleh Kepala Bagian Kendali Operasi Polres Mimika Kompol A Korowa, kepada Ketua Lembaga Masyarakat Adat Suku Amungme (Lemasa),  Antonius Alomang di Gereja Kemah Injil (Kingmi) jemaat Ararat Bugin.
Usai dilakukan penyerahan jenazah dari perwakilan aparat TNI/Polri, ketua Lemasa Antonius Alomang dalam penyampaiannya mengatakan, berdasarkan informasi yang di dapat, bahwa pada kejadian kontak tembak aparat gabungan dari TNI/Polri dengan kelompok yang diklaim oleh polisi sebagai TNPB/TPN-OPM, ada empat korban. Sehingga Antonius meminta kepada aparat kalau memang masih ada terdapat tiga orang jenazah lain di TKP, diharapkan dapat di serahkan kepada pihak Lembaga, dalam hal ini Lemasa untuk di makamkan.
“Informasi yang kami dapat bahwa masih ada lagi tiga jenazah yang ada di lokasi TKP, kami minta kalau memang masih ada, agar dapat diserahkan kepada kami pihak Lembaga,” terangnya.
Setelah sejumlah penyampaian dari pihak Lemasa, pihak Gereja dan perwakilan TNI/Polri, jenazah kemudian siap untuk di makamkan di sebarang jalan depan Gereja GKI (Kingmi). Dalam proses ibadah pemakaman, dilakukan pembacaan riwayat hidup jenazah Etinus Wandik oleh salah seorang warga. Dalam pembacaan riwayat hidup, Etinus Wandik dilahirkan di Alama dengan tujuh orang bersaudara. Etinus menyelesaikan pendidikan SD dan SMP di Timika, dan selanjutnya jenjang SMA di tempuhnya di kota Ambon.
Sebelumnya pada kontak tembak yang terjadi pada Kamis (09/01) lalu, aparat gabungan dari TNI/Polri terlibat kontak tembak dengan kelompok bersenjata di Tanggul Timur, Kali Kopi. Awalnya petugas mendapatkan informasi dari salah seorang petugas lainnya, bahwa pada TKP terdapat sejumlah kelompok bersenjata berjumlah lebih dari satu orang. Saat mendengar itu pasukan gabungan dari TNI/Polri langsung melakukan patroli pengamanan ke wilayah Tanggul Timur tepatnya Kali Kopi.
Saat tiba di TKP, pasukan gabungan bertemu dengan sekelompok orang yang memiliki senjata, Kemudian pasukan TNI/Polri disambut dengan tembakan dari arah kelompok TNPB/TPN-OPM. Mendapat serangan berupa tembakan, akhirnya pasukan gabungan pun kembali melakukan pembalasan dengan menembak ke arah kelompok tersebut. Aksi kontak tembak yang tak terelakkan lagi, akhirnya berujung pada aksi saling tembak yang berlangsung kurang lebih 10 menit lamanya, setelah kemudian kelompok ini kabur ke dalam hutan.
Dalam pembersihan TKP, aparat menemukan dua orang jenazah beserta barang bukti satu pucuk senjata api laras panjang jenis COLT AR-15, dan tiga magazen serta sejumlah amunisi juga dokumen. Yang mana salah satu korban Atinus Wantik berhasil di evakuasi, dan korban satunya belum bisa di Evakuasi. Selanjutnya jenazah Etinus setelah di evakuasi emudian ditempatkan di kamar jenazah RSUD Mimika guna dilakukan otopsi oleh pihak RSUD bersama pihak Kepolisian.
Kapolres Mimika melalui Kabag Ops Polres Mimika menyampaikan, Kepolisian sebagai pengayom masyarakat berkewajiban melakukan tindakan kemanusiaan dengan mengurus secara baik jenazah Etinus Wantik. Etinus Wantik setelah di bawa ke kamar jenazah RSUD Mimika, kemudian dimandikan dan dipakaiankan secara aturan keagamaan yang di anut jenazah, kemudian di petikan untuk di kubur secara baik-baik pula.
“Intinya kami sebagai pengayom masyarakat, berusaha semampu kami untuk melayani masyarakat secara peri kemanusiaan, jenazah yang juga merupakan masyarakat, kami lakukan dengan baik dengan memandikan, dan memberikan pakaian serta di petikan untuk di kubur. Intinya tindakan yang kami lakukan adalah tindakan kemanusian bagi jenazah agar di makamkan secara baik,” jelasnya. (Jubi/Eveerth)
__._,_.___

About Suara Duka Dari Papua

1 komentar:

  1. PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGAKU INI BUKAN CERITA ATAU PUN REKAYASA BENER-BENER TERBUKTI SAMA SAYA.

    Terima kasih sebesar-besarnya yang kami ucapkan kepada aki sahro yang telah memberikan keberhasilan dan keberuntungan bagi keluarga saya.berkat bantuan beliau saya sekarang sudah hidup tenang karena suamiku sudah punya usaha tambak yang luasnya sekitar 3 hektar kurang lebih. begitupun juga saya dirumah buka warung sembakau dan sekarang pun saya sekeluarga tidak di kejar-kejar hutang lagi. mulanya keluarga Kami di berikan angka gaib hasil ritual dari aki sahro yang sangat Jitu 100% dijamin tembus.sehingga keluarga saya sekarang merasa tenang lagi.sekali lagi terima kasih aki jasamu dikeluarga saya tidak akan terlupakan.Jika anda butuh angka gaib hasil ritual aki sahro silahkan Tanyakan aja Pada aki dinomer hp beliau di(_085_340_951_457_)


    ATAU KLIK DISINI *➡ http://khususangka77.blogspot.co.id/

    BalasHapus

silakan komentari

Diberdayakan oleh Blogger.