Aksi - Demo

Mahasiswa Papua di Manado Turut Peringati HUT ke- 5 IPWP



Suasana aksi damai mahasiswa Papua di Manado dalam rangka HUT ke- 5 IPWP. Foto: John Iyai.
Berita Terkait
Manado,  MAJALAH SELANGKAH -- Hari ini, Rabu (16/10/13) ratusan masa aksi yang tergabung dalam Solidaritas Pemuda, Mahasiswa dan Masyarakat Papua di Sulawesi Utara menggelar demo damai memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 International Parliamentary for West Papua (IPWP) yang dilucurkan 5 tahun lalu di London, Inggris. 
Pukul 10.00 waktu di Manado, masa aksi melakukan long march mulai dari asrama Cenderawasih Putri. Kemudian massa melakukan orasi dan bergabung dengan masa yang lain di depan Gedung Rektorat Universitas Sam Ratulangi, Manado.
Dari pantauan langsung majalahselangkah.com, massa kemudian melakukan long march menuju Gedung DPRD Sulawesi Utara.
Koordinator lapangan aksi, Hiskia Meage, mengatakan, "Kami melakukan aksi damai ini mendukung pidato perdana menteri Vanuatu pada sidang tahunan PBB yang digelar pada Sabtu 28 September bulan lalu, terkait penunjukkan perwakilan untuk meninjau keadaan Papua Barat."
Demo ini juga, kata dia, untuk menuntut agar Indonesia segera membuka ruang demokrasi di Papua dan bagi jurnalis serta aktivis HAM asing untuk ke Papua Barat. Selama ini, menurutnya,  dibungkam oleh negara Indonesia.
Pada kesempatan ini, ia juga mengatakan kesal soal teror dan sweeping yang berlebihan kepada mahasiswa Papua di berbagai kota studi.
"Kami mahasiswa Papua yang berdomisili di Manado kesal soal teror dan sweeping dari pihak militer Indonesia di asrama-asrama dan kampus-kampus di kota-kota studi di seluruh Papua Barat dan Indonesia," kata Meage.
Lanjut Meage, "Kami juga dengan tegas mengatakan agar militer Indonesia tahu diri dan tidak melakukan operasi-operasi di asrama-asrama tanpa ada alasan yang jelas." .
Teriakan Papua Merdeka, dan  Referendum Yes, menjadi yel-yel paling dominan dalam aksi ini. Demo ini diselingi juga dengan nyanyian khas tanah Papua. (John Iyai/MS)

About Suara Duka Dari Papua

0 komentar:

Posting Komentar

silakan komentari

Diberdayakan oleh Blogger.